//

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK MENGENAI PROTEKSI RADIASI PADA PENGAMBILAN FOTO ROENTGEN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNSYIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang yusmar - Personal Name
SubjectDENTAL HYGIENE
RADIOGRAPHY
RADIATION SAFETY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Yusmar Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Mengenai Proteksi Radiasi Pada Pengambilan Foto Roentgen Di Rumah Sakit Gigi Mulut Unsyiah Radiografi dalam kedokteran gigi merupakan perangkat yang sering digunakan. Gambaran yang dihasilkan dari radiografi merupakan hal yang sangat penting bagi dokter gigi, terutama untuk melihat adanya kelainan-kelainan yang tidak tampak atau kurang jelas pada pemeriksaan klinis sehingga dapat membantu dalam menegakkan diagnosis, menentukan rencana perawatan dan menilai keberhasilan perawatan. Selain memiliki manfaat, radiografi juga dapat menyebabkan kerusakan pada sel atau jaringan normal manusia. Bahaya akibat radiasi ini dapat diatasi dengan melakukan proteksi radiasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa kepaniteraan klinik mengenai proteksi radiasi pada pengambilan foto roentgen gigi di RSGM Unsyiah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 305 orang. Cara pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa yang memiliki tingkat pengetahuan dalam kategori tinggi adalah sebanyak 44 (14,4%), sedang sebanyak 159 (52,1%) dan rendah sebanyak 102 (33,4%). Disimpulkan bahwa mayoritas dokter gigi muda di RSGM Unsyiah Banda Aceh memiliki tingkat pengetahuan tentang proteksi radiasi pada pengambilan foto roentgen dalam kategori sedang. Kata kunci : Radiografi, proteksi radiasi, tingkat pengetahuan, mahasiswa kepaniteraan klinik

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK KEDOKTERAN GIGI TERHADAP MASYARAKAT EKONOMI ASEAN DI RUMAH SAKIT GIGI MULUT UNSYIAH (Rizky Setiawan , 2016)

GAMBARAN PENGETAHUAN DOKTER GIGI MUDA DI RSGM UNSYIAH BANDA ACEH MENGENAI RADIASI IONISASI DAN EFEK NEGATIF RADIASI IONISASI DALAM DENTAL RADIOGRAFI (susanti angkat, 2014)

KORELASI PENGETAHUAN MENGENAI KEBERSIHAN RONGGA MULUT DENGAN TINGKAT ORAL HYGIENE NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KLAS IIB BANDA ACEH (Nur Atika Dalimunthe , 2015)

RUMAH SAKIT GIGI MULUT(RSGM) UNSYIAH (Miftah Farizsyah, 2015)

TINGKAT PENGETAHUAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA NARAPIDANA DI CABANG RUMAH TAHANAN NEGARA LHOKNGA-ACEH BESAR (Mitra Gustinur Rahmah AP, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy