//

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR SISWARN KELAS VIII SMP NEGERI 4 LHOKSUKON RNKABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURJANNAH - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
JIGSAW TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Sistem Pernapasan Pada Manusia dan Hasil Belajar Penelitian yang berjudul ”Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, telah dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan Desember 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil prestasi belajar siswa, aktivitas guru dan siswa serta respon siswa terhadap penerapan pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada materi sistem pernapasan manusia. Subjek penelitian siswa kelas VIII berjumlah 30 orang siswa. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi, soal tes dan angket. Hasil penelitian pada siklus I aktivitas guru kurang baik dengan skor rata-rata 2,4, aktivitas siswa kurang baik dengan skor rata-rata 2,3, dan hasil ketuntasan belajar siswa 53,3%. Pada siklus II aktifitas guru baik dengan skor rata-rata 2,6, aktivitas siswa baik dengan skor rata-rata 2,5, dan hasil ketuntasan belajar 70%. Pada siklus III aktivitas guru meningkat menjadi baik dengan skor rata-rata 2,9, aktivitas siswa baik dengan skor rata-rata 2,7, dan hasil ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 86,7% diatas indikator ketuntasan yang ditentukan yaitu 75%. Kesimpulanya bahwa penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil prestasi belajar siswa pada materi pernapasan di kelas VIII SMP Negeri 4 Lhoksukon dengan ketuntasan belajar pada siklus I 53,3%, meningkat pada siklus II 70% dan pada siklus III 86,7%. Aktivitas guru dari siklus I kategori kurang baik (2,4), pada siklus II kurang baik (2,6) dan meningkat pada siklus III baik (2,9). Aktivitas siswa dari siklus I kategori kurang baik (2,3), pada siklus II baik (2,5) dan meningkat pada siklus III baik (2,7). Respon siwa pada penerapan model Kooperatif tipe Jigsaw pada umumnya (88,4%) siswa memilih respon Ya, sedangkan siswa memilih respon Tidak sebagian kecil yaitu (11,6%).

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

PEMBELAJARAN STATISTIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LHOKSUKON ACEH UTARA (Riska Novelasari, 2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LANGKAHAN ACED UTARA (Badriah Rasyid, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013)

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS KELAS V11-A SMP NEGERI 1 PANGA KABUPATEN ACEH JAYA (M. Husin, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy