PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LUMPUR PARIT TERHADAP BEBERAPA SIFAT KIMIA ULTISOL | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMBERIAN KOMPOS LUMPUR PARIT TERHADAP BEBERAPA SIFAT KIMIA ULTISOL


Pengarang

Zulfikri - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0505101020019

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian.,

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)



Penelitian dilakukan Laboratorium Kimia Tanah Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kompos lumpur parit pada sifat Ultisol terhadap beberapa sifat kimia tanah.
Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan contoh tanah dari Gampong Baroh Kecamatan Jantho Kabupaten Aceh Besar, lumpur parit yang diambil dari Komplek Perumahan Bumi Permata Lamnyong Gampong Rumpet Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar, pupuk kandang yang diambil dari Gampong Rumpet Kecamatan Krueng Barona Jaya Kabupaten Aceh Besar, serbuk gergaji yang diambil dari Gampong le Masen Kaye Adang Kecamatan Ulee Kareng Kabupaten Aceh Besar, EM-4 dan sejumlah bahan kimia yang digunakan untuk analisis tanah.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), yang terdiri dari 7
taraf perlakuan dan 4 kali ulangan sehingga diperoleh 28 satuan percobaan. Perlakuan yang dicibakan adalah dosis kompos lumpur parit yaitu setara 0, 5, 10, 15,
20, 25, 30 ton ton ha'. Parameter yang diamati adalah pH, C-organik, P- tersedia dan Ca-dd.
Pemberian Kompos Lumpur Parit pada Ultisol memberikan pengaruh sangat nyata terhadap pH H2O dan Ca-dd, tetapi berpengaruh tidak nyata terhadap C organik. dan P-tersedia. Penggunaan kompos lumpur parit dapat meningkatkan pH
dari 4,95 menjadi 6,00 pada dosis optimum 25 ton ha-1. Terhadap Ca-dd tanah, peningkatam dosis dapat meningkatkan kadar Ca-dd tanah. Status Ca-dd meningkat dari sangat rendah menjadi rendah akibat pemberian kompos lumpur parit.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK