GAMBARAN KELUHAN AKSEPTOR KB SUNTIK DI DESA PIYEUNG MON ARA KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2008 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN KELUHAN AKSEPTOR KB SUNTIK DI DESA PIYEUNG MON ARA KECAMATAN MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2008


Pengarang

Fitria - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0607101060074

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2008

Bahasa

Indonesia

No Classification

613.94

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Program Keluarga Berencana (KB) merupakan cara pencegahan kehamilan. Kontrasepsi suntikan adalah salah satu kontrasepsi hormonal yang merupakan alat atau kontrasepsi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kehamilan dimana bahan bakunya mengandung preparat estrogen dan progesterone. Suntikan KB disamping mencegah kehamilan, juga mempunyai efek yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan pencegah kehamilan. Keadaan inilah yang disebut dengan efek samping yang kadang-kadang bisa menimbulkan keluhan-keluhan bagi pemakainya. Keluhan yang timbul pada akseptor terhadap suntikan KB sangat beragam, diantaranya yaitu gangguan pola haid, Perubahan berat badan, perubahan tekanan darah dan terjadinya sakit kepala. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat keluhan yang terjadi pada akseptor KB suntik. di desa Piyeung Mon Ara Kecamatan Montasik Kabupaten Aceh Besar. Desain penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah lbu akseptor KB suntik yang ada di desa Piyeung Mon Ara dengan tehnik pengambilan sampel total sampling. Dalam penelitian didapatkan sampel sebanyak 47 responden. Penelitian dilakukan pada tanggal 24- 28 Oktober tahun 2008. alat pengumpulan data berupa kuisioner yang terdiri dari 22 pertanyaan dengan alternatif jawaban dalam bentuk skala Guttman. Data di analisis secara manual dengan menggunakan interpretasi skor dengan penentuan jenjang skala ordinal. Berdasarkan hasil penelitian secara umum di peroleh gambaran keluhan akseptor KB suntik di desa Piyeung Mon Ara berada pada kategori tingkat keluhannya sedikit yaitu 32 orang (68,08 %). Secara khusus di dapatkan hasil gambaran keluhan akseptor KB suntik berdasarkan gangguan haid berada pada kategori dengan keluhannya banyak yaitu 24 orang (51,07 %), berdasarkan perubahan berat badan berada pada kategori dengan keluhannya banyak yaitu 28 orang (59,88 %), berdasarkan perubahan tekanan darah berada pada kategori sedikit yaitu 35 orang (74,46 %) sedangkan berdasarkan adanya sakit kepala berada pada kategori sedikit yaitu 32 orang (68,09 %). Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka diharapka kepada petugas kesehatan agar lebih meningkatkan pelayanan dan penyuluhan dalam bidang keluarga berencana agar kesehatan ibu akseptor KB dapat terjaga dengan baik.
Kata kunci: Keluarga Berencana, Kontrasepsi suntikan, Keluhan-keluhan suntikan KB

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK