//

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKANRNMUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI SAMATIGARNKABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUMARNI - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
TEACHER CERTIFICATION
TEACHER - PERFORMANCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pasca Sarjana
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 SAMATIGA KABUPATEN ACEH BARAT Oleh: Sumarni NIM: 1209200050069 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Nasir Usman, M. Pd. 2. Dr. Bahrun, M. Pd. ABSTRAK Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi atau surat keterangan sebagai pengakuan terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan setelah lulus uji kompetensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru dalam perencanaan sertifikasi, meliputi: program guru sertifikasi; kemampuan guru sertifikasi; dan hambatan guru sertifikasi. Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru sertifikasi, Kepala Sekolah dan Pengawas di SMA Negeri 1 Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program guru sertifikasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran kurang mendapatkan bimbingan dari kepala sekolah, dan jarang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan seperti MGMP; (2) Kemampuan yang harus dimiliki guru sertifikasi dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: kemampuan membuka pembelajaran, menguasai bahan ajar, pengelolaan kelas, menggunakan media dan sumber belajar, penggunaan metode pembelajaran, dan menutup pembelajaran; dan (3) Hambatan guru sertifikasi dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah jumlah guru yang tidak merata di daerah terpencil dan bertumpuk di ibukota kecamatan atau kabupaten sehingga semakin mempersulit untuk memenuhi jam wajib mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu, dengan upaya yang ditempuh yaitu mencari jam mengajar ke sekolah lain. Diharapkan kepada pengawas dan kepala sekolah supaya memberikan bimbingan dan dorongan kepada guru sertifikasi tentang program dan kemampuan secara efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Kata Kunci: Kinerja Guru Sertifikasi dan Mutu Pendidikan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI, IKLIM ORGANISASI DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA BANDA ACEH (IBNU SALDA, 2019)

KINERJA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKANRNMUTU PENDIDIKAN DI SMA NEGERI SAMATIGARNKABUPATEN ACEH BARAT (SUMARNI, 2014)

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (NURLAILA, 2018)

THE TEACHER’S FEEDBACK ON STUDENTS’ WRITING PERFORMANCE (A DESCRIPTIVE QUALITATIVE RESEARCH AT SECOND GRADE STUDENTS IN SENIOR HIGH SCHOOL 10 FAJAR HARAPAN BANDA ACEH) (Fitri Fonna, 2018)

KINERJA GURU SERTIFIKASI DI SMP NEGERI 2 MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA. (Tarmizi, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy