Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN ACEH (JKA)TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS BATOH KECAMATAN LUENG BATA BANDA ACEH TAHUN 2011
Pengarang
Juliana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0707101020053
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2011
Bahasa
Indonesia
No Classification
613
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kepuasan pasien merupakan indikator utama dari standar suatu unit pelayanan kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kesebatan. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang semakin berkurang terhadap suatu unit pelayanan kesehatan. Ada lima dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien yaitu: kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiviness), Jaminan (assurance), ketampakan fisik (tangibles), dan empati (empathy). Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan pasien JKA (Jaminan Kesehatan Aceh) terhadap pelayanan kesehatan di poli umum puskesmas Batoh Kecamatan Lueng Bata Banda Aceh, Desain penelitian deskriptif. Pengambilan sample dilakukan dengan metode non probability sampling. pengumpulan data dari tanggal 4-14 Mei 2011. Sampel penelitian ini adalah 68 responden JKA data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner. Analisa data dilakukan dengan membandingkan skor nilai antara harapan dengan kenyataan pasien JKA. Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dengan penjelasan narasi. Hasil penelitian diperoleh: pengukuran tingkat kepuasan pasien JKA untuk dimensi kehandalan didapatkan 63,2% berada pada kategori tidak puas, untuk dimensi ketanggapan didapatkan 66,2% berada pada kategori tidak puas, untuk dimensi jaminan didapatkan
51,5% berada pada kategori puas, untuk dimensi ketampakan fisik didapatkan 52,9% berada pada kategori puas, untuk dimensi empati didapatkan 70,6% berada pada kategori tidak puas. Secara keseluruhan didapatkan bahwa tingkat kepuasan pasien JKA terhadap pelayanan kesehatan di poli umum Puskesmas Batoh berada pada kategori tidak puas sebanyak 60,3%. Sesuai dengan hasil penelitian diharapkan kepada seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas Batoh untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga dapat memberi kepuasan untuk pasien.
Kata Kunci Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, Puskesmas
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (dewi sartika saragih, 2015)
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA ASURANSI JAMINAN KESEHATAN ACEH (JKA) DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2011 (Afrizal faisal, 2022)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN POLIKLINIK GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS KOTA BANDA ACEH (Muhammad Raditya Nanza, 2015)
GAMBARAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI UMUM PUSKESMAS KECAMATAN BLANG BINTANG KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2011 (Winta Alexandria, 2021)
IMPLEMENTASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN RAKYAT ACEH (JKRA) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI PENELITIAN DI RUMAH SAKIT MEURAXA BANDA ACEH) (DINA FITRIANI, 2018)