//

PENGUJIAN ANOMALI WINNER-LOSER: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ERNITA MARZUKI - Personal Name
SubjectMARKETING RESEARCH PROCEDURE-MANAGEMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keberadaan anomali winner-loser pada perusahaan industri manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Pengujian salah satu anomali pasar ini dilakukan pada lima observasi dengan rentan waktu yang berbeda. Setiap observasi terdiri dari satu periode formasi dan satu periode pengujian. Periode formasi ditetapkan untuk pembentukan portofolio winner dan portofolio loser. Portofolio winner atau portofolio loser disortir dari cumulative abnormal return masing-masing perusahaan di industri manufaktur pada periode formasi. Sepertiga dari cumulative abnormal return bagian atas diklasifikasikan sebagai portofolio winner dan sepertiga bagian bawah diklasifikasikan sebagai portofolio loser. Pengujian menggunakan data harga penutupan mingguan. Perilaku overreaksi yang menjadi penyebab terjadinya anomali winner-loser diindikasikan terjadi apabila adanya pembalikan harga (price reversal) pada portofolio winner atau portofolio loser antara periode formasi dan periode pengujian. Untuk melihat pembalikkan harga pada masing-masing portofolio di industry manufaktur maka dilakukan uji beda average abnormal return portofolio winner atau portofolio loser pada periode formasi dengan average abnormal return portofolio winner atau portofolio loser pada periode pengujian. Untuk memecahkan masalah tersebut digunakan teknik analisis data uji beda dua rata-rata (uji T-Paired) dengan bantuan Program SPSS For Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya perilaku overreaksi investor yang menyebabkan terjadinya anomali winner-loser di perusahaan industri manufaktur pada berbagai observasi baik pada portofolio winner maupun pada portofolio loser. Secara tegas, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat anomali winner-loser di Bursa Efek Indonesia yang ditemukan dalam kurun waktu yang separatis atau terpisah-pisah. Kata Kunci: Anomali, Perilaku Overreaksi, Anomali Winner-Loser, Price Reversal, Abnormal Return, Average Abnormal Return.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGUJIAN PROFIT PADA MOMENTUM PORTOFOLIO SAHAM INDUSTRI MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (Maria Ulfa Lubis, 2016)

PENGUJIAN MARKET OVERREACTION PADA PERUSAHAAN GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (CUT LISA, 2018)

TRADING VOLUME DAN STRATEGI INVESTASI MOMENTUM PADA PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Tryisza Nova Permata Diana, 2016)

PENGUJIAN STRATEGI MOMENTUM INVESTASI PADA SAHAM LQ45 DI BURSA EFEK INDONESIA (Dedi Saputra, 2017)

PENGUJIAN STRATEGI KONTRARIAN PADA BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Naila Zakia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy