GAMBARAN STRATEGI KOPING SISWA REMAJA DALAM TUMBUH KEMBANG DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH PROVINSI NAD TAHUN 2009 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN STRATEGI KOPING SISWA REMAJA DALAM TUMBUH KEMBANG DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH PROVINSI NAD TAHUN 2009


Pengarang

Tajunnisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0507101020069

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

612.661

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Siswa remaja sangat rawan terhadap penggunaan strategi koping yang tidak efektif karena para remaja sering mengalami krisis identitas dan jati diri, frustasi, ingin lari dari kenyataan, gaya hidup, pergaulan yang merusak, dan lain lain.
Strategi koping menunjuk pada berbagai upaya, baik mental maupun perilaku,
untuk menguasai, mentoleransi, mengurangi, atau meminimalisasikan suatu
situasi atau kejadian yang penuh tekanan. Jenis strategi koping menurut para ahli
menggolongkan kedalam dua strategi koping yang biasanya digunakan oleh
individu yaitu problem-solving focused coping, dimana individu secara aktif mencari penyelesaian dari masalah untuk menghilangkan kondisi atau situasi yang menimbulkan stres; dan emotion-focused coping, dimana individu melibatkan
usaha-usaha untuk mengatur emosinya untuk menyesuaikan diri dengan dampak yang akan ditimbulkan oleh suatu kondisi atau situasi yang penuh tekanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi koping siswa remaja dalam tumbuh kembang di SMA Negeri 8 Banda Aceh tahun 2009 dengan subvariabel problem-solving focused coping dan emotion-focused coping. Desain Penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan tehnik pengambilan sampel proporsi sampling dan penentuan jumlah sampel dengan rumus slovin sebanyak
97 orang. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 11 sd 12 Desember 2009.
Analisa data dilakukan dengan analisa data univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian besar siswa remaja menggunakan problem solving focused coping pada kategori adaptif sebanyak 61 orang (62,9%); menggunakan emotion-focused
coping pada kategori adaptif sebanyak 50 orang (51,5%); Siswa remaja dominan
menggunakan jenis koping Problem solving focused coping sebanyak 53 orang (54,6%) daripada Emotion-focused coping yang hanya 44 orang (45,4%). Dengan hasil ini direkomendasikan pengadaan Tim Pemantau Penggunaan Strategi Koping Siswa dalam usaha meningkatkan perkembangan mental siswa yang adaptif menghadapi permasalahannya.

Kata kunci = Strategi koping, siswa remaja, tumbuh kembang






Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK