Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012
Pengarang
Fitri Wulandari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0807101020012
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012
Bahasa
Indonesia
No Classification
612.654
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Dukungan keluarga merupakan segaJa bentuk dukungan yang dirasakan oleh anggota keluarga yang dapat memenuhi kebutuhan fisik, psikologis, dan sosialnya. Dukungan keluarga merupakan salah satu bentuk stimulasi terhadap perkembangan psikososial anak. Perkembangan psikososial sangat dipengaruhi lingkungan dan interaksi antara anak dengan orang tuanya dan orang dewasa lainnya. Perkembangan anak akan optimal bila interaksi sosialnya diusahakan sesuai dengan kebutuhan anak pada berbagai tahap perkembangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga terhadap perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh. Penelitian ini mcrupakan penelitian deskriptif kolerasional dengan pendekatan penelitian cross sectional dan teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel 56 responden ibu dan anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert dan lembar observasi DDST. Hasil analisa data dengan menggunakan uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan dukungan sosial dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,035), ada hubungan dukungan penilaian dengan perkembangan psikososial anak ip-value= 0,000), ada hubungan dukungan tambahan dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,017), ada hubungan dukungan emosional dengan perkembangan psikososial anak (p-value= 0,010). Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga dengan perkembangan psikososial pada anak usia prasekolah di Desa Peurada Banda Aceh (p-value= 0,017). Diharapkan orang tua dapat terus memberikan dulrungan yang cukup pada anak agar perkembangan anak berjalan dengan potimal.
Kata kunci : Dukungan Keluarga, Anak Usia Prasekolah, Perkembangan Psikososial
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA PEURADA BANDA ACEH TAHUN 2012 (Fitri Wulandari, 2022)
HUBUNGAN BERMAIN PERAN (DRAMATIC PLAY) DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TAMAN KANAK-KANAK YKA BANDA ACEH TAHUN 2011 (Redha sasthifa, 2022)
HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERSONAL HYGIENE ANAK USIA SEKOLAH (6-12 TAHUN)DI SD SEUMET MONTASIK ACEH BESAR TAHUN 2014 (Amatallah, 2014)
HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI MOTORIK HALUS DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI KECAMATAN LHOKNGA (NOVI INTAN MELANI, 2016)
HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MENGGUNAKAN DENVER TEST II DI TK BUNDA KANDUNG ACEH BESAR (Khairul Rijal, 2015)