//

PARTISIPASI MASYARAKAT ADAT DALAM KONSERVASI SUMBERDAYA HUTAN DI KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Titit Lestari - Personal Name
SubjectFOREST - CONSERVATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Magister Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat adat dalam konservasi sumberdaya hutan di Kecamatan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dan didukung dengan metode kuantitatif sederhana. Untuk menguji tingkat partisipasi menggunakan analisa statistik regresi ganda dan selanjutnya dianalisa secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa tingkat partisipasi masyarakat adat tergolong rendah sebesar 53 %. Kondisi ini disebabkan bukan karena ketidakpedulian mereka dalam melestarikan sumberdaya hutan, akan tetapi karena berbagai factor, diantaranya adalah faktor umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, pengalaman (lamanya menjadi petani), intensitas penyuluhan, persepsi, motivasi, insentif, lembaga adat. Adapun langkah yang perlu dilakukan dalam meningkatkan konservasi sumberdaya hutan adalah perlu adanya penguatan dan revitalisasi fungsi lembaga adat yang telah ada. Pemerintah perlu menjadi fasilitator bagi terselenggaranya kegiatan konservasi sumberdaya hutan berbasis kearifan tradisional. Kata kunci : partisipasi, masyarakat adat, konservasi sumberdaya hutan

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DAMPAK KEBAKARAN HUTAN TERHADAP PEREKONOMIAN MASYARAKAT PETANI SEREH WANGI (STUDI KASUS KECAMATAN BLANGKEJEREN KABUPATEN GAYO LUES) (Silawati, 2021)

IDENTIFIKASI DAN UPAYA KONSERVASI JENIS-JENIS TUMBUHAN YANG DIGUNAKAN UNTUK UPACARA ADAT MASYARAKAT KECAMATAN MATANGKULI KABUPATEN ACEH UTARA. (HILLIYATUL SABRINA, 2021)

PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP FUNGSI HUTAN KOTA DAN PEMANFAATANNYA DALAM PENDIDIKAN (HUTAN KOTA BNI TIBANG BANDA ACEH) (Salma Safrina Hashilah, 2019)

HUBUNGAN PARTISIPASI NELAYAN DAN PERAN PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI PERAIRAN DAERAH PULAU TUAN, ACEH BESAR (Zilvi Aulia Rahmi, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KONSERVASI HUTAN MANGGROVE DAN BENCANA DI DESA LEUGE KABUPATEN ACEH TIMUR (Muhammad Fajrianda, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy