ANALISIS PENGARUH DANA ZAKAT DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS PENGARUH DANA ZAKAT DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI ACEH


Pengarang

Lisnawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0809200010056

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Magister Sains., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

362.5

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Salah satu sasaran pembangunan nasional adalah menurunkan jumlah penduduk miskin, dimana kemiskinan menimbulkan dampak negatif yang berpengaruh terhadap pembangunan ekonomi (Todaro,2006:120). Kemiskinan merupakan prioritas pembangunan yang tertuang dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Aceh tahun 2007-2012 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Aceh (RPJP) Aceh tahun 2005-2025. Persoalan kemiskinan menjadi masalah krusial di Aceh dimana masih sangat tingginya angka kemiskinan di propinsi Aceh jika dibandingkan dengan propinsi lain di Pulau Sumatra maupun secara nasional sampai menduduki peringkat ke enam tertinggi dari 33 provinsi di Indonesia tahun 2011 sebesar 19,57 persen.
Studi ini meneliti tentang pengaruh dana zakat, tingkat pendidikan (rata-rata lama sekolah) terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh, dalam hal ini untuk seluruh kabupaten/kota di Provinsi Aceh tahun 2005 – 2008. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menganalisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel dana zakat, tingkat pendidikan (rata-rata lama sekolah) terhadap kemiskinan di Provinsi Aceh sehingga nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam penentuan kebijakan dalam mengatasi masalah kemiskinan di Aceh melalui pendidikan dan dana zakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Baitul Mal Provinsi Aceh. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier panel data dengan metode FEM (Fixed Effect Model) dengan bantuan software gritl versi 1.9.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dana zakat dan tingkat pendidikan yang diproksi dengan angka rata-rata lama sekolah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Aceh.


Kata Kunci : Kemiskinan, Dana zakat, Tingkat pendidikan (Rata-rata lama sekolah)


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK