PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRESENTACY (DMR) DENGAN BERBANTUAN MEDIA WALL CHART TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS MAN ACEH BARAT DAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRESENTACY (DMR) DENGAN BERBANTUAN MEDIA WALL CHART TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IIS MAN ACEH BARAT DAYA


Pengarang

Fhani Aprilia Novita - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zulfan - 196107081989101001 - Dosen Pembimbing I
T. Bahagia Kesuma - 198906262019031014 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
Muhammad Haikal - 198808302017031101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101020052

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR)dengan Berbantuan Media Wall Chart Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan model Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan berbantuan media Wall Chart di kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya dalam pembelajaran Sejarah. (2) Mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) dengan berbantuan media Wall Chart berpengaruh terhadap keaktifan belajar sejarah siswa kelas X IIS MAN Aceh Barat daya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian One Shoot Case Study. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya yang berjumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan dan dokumentasi. Berdasarkan hasil yang didapatkan dari penelitian Pengaruh Model Pembelajaran Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) Berbantuan Media Wall Chart pada Kelas X IIS MAN Aceh Barat Daya terlaksana sesuai dengan RPP yang telah dirumuskan dan berpengaruh dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari setiap indikator dalam lembar observasi memperoleh hasil yang sangat baik, tingkat keaktifan siswa pada proses pembelajaran sejarah secara keseluruhan mendapat nilai sebanyak 82% dari presentasi tertinggi yaitu sebesar 100% dengan kecenderungan 82 ≥ 60 + 1. 13,3 = 82 ≥ 73,3 yang mana nilai ini termasuk kedalam kategori sangat tinggi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK