HUBUNGAN BERMAIN PERAN (DRAMATIC PLAY) DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TAMAN KANAK-KANAK YKA BANDA ACEH TAHUN 2011 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN BERMAIN PERAN (DRAMATIC PLAY) DENGAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6 TAHUN) DI TAMAN KANAK-KANAK YKA BANDA ACEH TAHUN 2011


Pengarang

Redha sasthifa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0707101020062

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

613.043 2

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Bermain peran merupakan bentuk permainan aktif pada masa anak-anak. yang juga merupakan salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan psikososial anak. Dengan bermain peran ini dapat mengaktilkan sumber daya yang ada dalam diri anak yang akan merangsang anak menuju perkembangan psikososial yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan bermain peran (dramatic play) dengan perkembangan psikososial anak usia prasekolah di taman kanak-kanak YKA Banda Aceh tahun 2011. Desain penelitian bersifat deskriptif korelatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling yaitu 84 responden ibu dan anak, pengumpulan data dengan membagikan kuesioner kepada ibu dan melakukan observasi kepada anak. Metode analisis data ini menggunakan uji chi- square. Hasil analisa bivariat didapatkan ada hubungan yang signifikan antara
bermain peran dengan perkembangan psikososial (p-value = 0,0001), ada hubungan
yang signifikan antara imitasi (meniru) dengan perkembangan psikososial (p-value=
0,026), ada hubungan yang signifikan antara objek dengan perkembangan psikososial (p-value = 0,016), ada hubungan yang signifikan antara gerakan dan situasi dengan perkembangan psikososial (p-value = 0,002), ada hubungan yang signifikan antara ketekunan dengan perkembangan psikososial (p-value = 0,005), ada hubungan yang signifikan antara interaksi dengan perkembangan psikososial (p-value = 0,001), ada
hubungan yang signifikan antara komunikasi verbal dengan perkembangan psikososial (p-value= 0,001) anak usia prasekolah (4-6 tahun) di taman kanak-kanak YKA Banda Aceh. Diharapkan adanya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan
orangtua dalam memfasilitasi anak dalam bermain peran sebagai stimulasi perkembangan psikososial pada anak..



Kata kunci : bermain peran, perkembangan psikososial, anak prasekolah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK