TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN ANTARA PASIEN ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DENGAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2010 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TINGKAT KEPUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN ANTARA PASIEN ASURANSI KESEHATAN (ASKES) DENGAN PASIEN JAMINAN KESEHATAN MASYARAKAT (JAMKESMAS) DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2010


Pengarang

Yulianti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0607101020028

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2010

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)


Kepuasan adalah tingkat perasaan yang dirasakan pasien setelah membandingkan antara pelayanan kesehatan yang diterima dengan harapan. Ada lima dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien yaitu: bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness). jaminan (assurance) dan empati (emparhy). Tujuan peneJitian untuk memperoleh gambaran tingkat kepuasan pasien Askes dan Jamkesmas terhadap pelayanan kesehatan di ruang rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Pengumpulan data dari tanggal 26-31 Agustus 2010. Desain penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dllakukan dengan metode non probability sampling. Sampel penelitian ini adalah 50 responden Askes dan 50 responden Jamkesmas. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner, Analisa data dilakukan dengan menentukan niJai rata-rata serta persentase distribusi frekuensi. Data disajikan dalam bentuk tabel silang dengan penjelasan narasi. Hasil penelitian diperoleh: pada dimensi buktifisik, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (78%) dibandingkan pasien Askes (70%). Pada dimensi kehandalan, pasien Jamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (56%) dibandingkan dengan pasien Askes (54%), pada dimensi ketanggapan, pasien Askes memiliki tingkat kepuasan yang Iebih tinggi (62%) dibandingkan dengan pasien Jamkesmas (26%), pacta dimensi jaminan, pasien Askes memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (50%) dibandingkan dengan pasien Jamkesmas (32%), pada dimensi empati, pasien lamkesmas memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (68%) dibandingkan dengan pasien Askes (50%), Sedangkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan, pasien Askes memiliki tingkat kepuasan yang lebih tinggi (48%) dibandingkan pasien Jamkesmas (30%). Saran yang dapat penulis berikan kepada seluruh tenaga kesehatan di RSUD dr. Zainoel Abidin agar meningkatkan mutu pelayanan kesehatan sehingga pasien merasa puas terhadap pelayanan kesehatan.

Kata Kunci : kepuasan pasien, pelayanan kesehatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK