MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA PASIR PUTIH, PANTAI LHOKMEE, ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MODAL SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA PASIR PUTIH, PANTAI LHOKMEE, ACEH BESAR


Pengarang

MUHAMMAD NAZIR PUTRA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Khairulyadi - 197705302010121001 - Dosen Pembimbing I
Yuva Ayuning Anjar - 199301082019032020 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1810101010027

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Sosiologi (S1) / PDDIKTI : 69201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Adanya kepercayaan yang dibangun, norma yang tepat serta relasi yang kuat dengan
kerjasama yang baik masyarakat dapat membangun parawisata. Modal sosial yang dibutuhkan
mendukung keberhasilan dan keberlanjutan suatu pengembangan wisata alam dengan modal
sosial yang dimiliki terlibat dalam pengembangan parawisata tersebut. Modal sosial sangat
penting untuk pengembangan pariwisata dengan adanya paradigma berkualitas, berkelanjutan
dan berkerakyatan yang di dalamnya menuntut adanya modal sosial.
Tujuan mengetahui modal sosial masyarakat dalam mengembangkan parawisata Pasir
Putih dan mengetahui strategi pengembangan dengan modal sosial menggunakan teori Modal
Sosial Putnam atas 3 indikator. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif
pendekatan etnometodelogi Pendekatan melihat modal sosial yang dimiliki oleh masyarakat
untuk dipahami, dianalisa, dan dieksplorasi secara mendalam untuk mengembangkan wisata
pasir putih dan akan mengetahui modal sosial memberi dampak terhadap pengembangan
wisata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pemilihan informan menggunakan teknik Snowball Sampling memilih informan dengan
pengalamannya dan mampu mengartikulasikan dengan pandangannya tentang sesuatu yang
dipertanyakan. informannya perangkat gampong dan pedagang sekitar.
Hasil penelitian menunjukkan Modal Sosial masyarakat dalam mengembangankan
pariwisata Pasir Putih sudah dimiliki sesuai dengan modal sosial Putnam terhadap tiga unsur
yaitu kepercayaan, norma dan kerjasama yang dimiliki oleh masyarakat sudah ada sehingga
dengan adanya modal sosial Pantai Lhokmee, Aceh Besar untuk dikenal dan tereksposnya pasir
putih ini kepada masyarakat sehingga dengan dimilikinya modal sosial berdampak positif
kepada masyarakat pasir putih dengan Strategi Pengembangan modal sosial yang dimiliki
sudah menerapkan kepercayaan satu sama lain agar adanya pengembangan juga adanya strategi
pengembangan dalam membangun modal sosial norma sebagai strategi masyarakat untuk
dipatuhi secara bersama-sama tanpa adanya pihak yang terkekang ketika mengunjungi pasir
putih sebab berdampak negatif terhadap pengembangan wisata pasir putih dan strategi modal
sosial kerjasama yang telah dibangun oleh masyarakat yaitu adanya relasi yang sudah
terbangun dan terbentuk dengan sangat baik yang berguna dan tercipta pembangunan dengan
adanya pengembangan wisata pasir putih.
Kata Kunci :Modal Sosial, Pasir Putih, Kepercayaan, Kerjasama, Norma

The existence of built trust, the right norms and strong relationships with good cooperation with the community can build tourism. The social capital needed to support the success and sustainability of a natural tourism development with the social capital owned is involved in the development of the tourism. Social capital is very important for tourism development with the existence of a quality, sustainable and populist paradigm in which social capital demands. The purpose of knowing the social capital of the community in developing Pasir Putih tourism and knowing the development strategy with social capital using Putnam's Social Capital theory on 3 indicators. The research uses qualitative research methods with an ethnomethodological approach. The approach looks at the social capital owned by the community to be understood, analyzed, and explored in depth to develop white sand tourism and will find out that social capital has an impact on tourism development. Data was collected by using observation, interview, and documentation techniques. The selection of informa nts using the Snowball Sampling technique selects informants with experience and is able to articulate their views on something in question. the informants are village officials and local traders. The results show that the community's social capital in developing Pasir Putih tourism is already owned in accordance with Putnam's social capital of three elements, namely trust, norms and cooperation that are owned by the community so that with the social capital of Lhokmee Beach, Aceh Besar to be known and exposed to this white sand to the community so that having social capital has a positive impact on the white sand community with the Strategy Development of social capital owned has implemented trust in each other so that there is development as well as a development strategy in building social capital norms as a community strategy to be obeyed together without any party which is constrained when visiting white sand because it has a negative impact on the development of white sand tourism and the cooperative social capital strategy that has been built by the community, namely the relationship that has been built and formed very well useful and created development with the development of white sand tourism. Keywords:Social Capital, White Sand, Trust, Cooperation, Norm

Citation



    SERVICES DESK