KAJIAN STATUS KESUBURAN PADA BERBAGAI JENIS TANAH DAN TUTUPAN LAHAN DI KABUPATEN GAYO LUES | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KAJIAN STATUS KESUBURAN PADA BERBAGAI JENIS TANAH DAN TUTUPAN LAHAN DI KABUPATEN GAYO LUES


Pengarang

Rifky Amar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hifnalisa - 196409111992032001 - Dosen Pembimbing I
Muyassir - 196404211993091001 - Dosen Pembimbing II
Yadi Jufri - 196511271990091001 - Penguji
Syakur - 196803041993031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1505108010055

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Rifky Amar. 1505108010055. Kajian Status Kesuburan pada Berbagai Jenis Tanah dan Tutupan Lahan di Kabupaten Gayo Lues. Dibawah bimbingan Hifnalisa sebagai ketua dan Muyassir sebagai anggota.

RINGKASAN


Kesuburan tanah adalah kemampuan atau kualitas tanah untuk menyediakan unsur hara tanaman dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tanaman dalam bentuk senyawa yang dapat dimanfaatkan oleh tanaman dan dalam jumlah seimbang untuk pertumbuhan tanaman tertentu yang didukung oleh faktor pertumbuhan lainnya. Kajian status kesuburan sangat penting dilakukan untuk menilai dan memantau kesuburan tanah guna mengetahui unsur hara yang menjadi kendala bagi tanaman. Penilaian status kesuburan tanah dapat dilakukan berdasarkan petunjuk teknis evaluasi kesuburan tanah, dimana penilaian dengan menggunakan metode ini relatif lebih akurat dan cepat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui status kesuburan tanah pada berbagai jenis tanah, tutupan lahan dan tingkat kelerengan di Kabupaten Gayo Lues.
Penelitian ini menggunakan metode survei dan analisis deskriptif. Pengambilan sampel tanah dilakukan dengan cara pengeboran dengan kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm. Pengeboran dilakukan pada 3 titik berbeda, kemudian sampel tanah pada 3 titik tersebut dikompositkan sehingga diperoleh 38 sampel untuk dilakukan analisis laboratorium. Analisis sifat kimia tanah yang dilakukan seperti, pH H2O, C-organik, P-Total, K-Total, KTK, Basa-basa dd dan KB. Analisis biologi tanah juga dilakukan untuk mendapatkan data pendukung seperti, total mikroorganisme. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap yaitu, persiapan, pengumpulan data, pengamatan lapangan, pengambilan sampel tanah, analisis laboratorium, analisis data dan penarikan kesimpulan.
Status kesuburan tanah berdasarkan jenis tanah, tutupan lahan dan kelerengan di Kabupaten Gayo Lues adalah rendah. Terdapat faktor pembatas pada penelitian ini yang menghambat status kesuburan tanah, sehingga menjadikan status kesuburan tanah menjadi rendah. Status kesuburan tanah yang rendah berdasarkan jenis tanah podsolik coklat dibatasi oleh tiga faktor pembatas yaitu KB, P-total dan K-total yang rendah, status kesuburan tanah yang rendah berdasarkan jenis tanah podsolik merah kuning dibatasi oleh empat faktor pembatas yaitu KTK, KB, P-total dan K-total yang rendah, status kesuburan tanah yang rendah berdasarkan tutupan lahan pada hutan primer dibatasi oleh dua faktor pembatas yaitu P-total dan K-total yang rendah, status kesuburan tanah yang rendah berdasarkan tutupan lahan pada hutan sekunder dan semak belukar dibatasi oleh empat faktor pembatas yaitu KTK, KB, P-total dan K-total yang rendah, status kesuburan tanah yang rendah berdasarkan tutupan lahan pada kebun kopi dibatasi oleh tiga faktor pembatas yaitu KTK, P-total dan K-total yang rendah, status kesuburan tanah yang rendah berdasarkan tingkat kelerengan 25% dibatasi oleh empat faktor pembatas yaitu KTK, KB, P-total dan K-total yang rendah. Kombinasi tersebut dapat disimpukan bahwa semua sampel tanah yang dianalisis menunjukkan status kesuburan tanah yang rendah.


Citation



    SERVICES DESK