PENILAIAN KONDUKTIVITAS HIDROLIK JENUH PADA BEBERAPARNJENIS TANAH DAN PENGGUNAAN LAHAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENILAIAN KONDUKTIVITAS HIDROLIK JENUH PADA BEBERAPARNJENIS TANAH DAN PENGGUNAAN LAHAN


Pengarang

Ridha Tiara Suci - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Hairul Basri - 196702101991021001 - Dosen Pembimbing I
Manfarizah - 196809081993032003 - Dosen Pembimbing II
Syakur - 196803041993031003 - Penguji
Teti Arabia - 196109141986022001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1505108010047

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ridha Tiara Suci. 1505108010047. Penilaian Konduktivitas Hidrolik Jenuh pada Beberapa Jenis Tanah dan Penggunaan Lahan, dibawah bimbingan Hairul Basri sebagai pembimbing utama dan Manfarizah sebagai pembimbing anggota.

RINGKASAN


Tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. Tanah di setiap daerah berbeda-beda jenisnya. Air dan udara merupakan bagian dari tanah. Air dan tanah adalah komponen penting yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman sebagai media penyediaan nutrisi (kesuburan tanah). Sifat fisika tanah merupakan sifat tanah yang berhubungan dengan bentuk atau kondisi tanah asli, yang termasuk diantaranya adalah tekstur, struktur, porositas, stabilitas, konsistensi, warna maupun suhu tanah. Konduktivitas hidrolik jenuh berbeda dengan drainase yang lebih mengacu pada proses pengaliran air saja, konduktivitas hidrolik jenuh dapat mencakup bagaimana air, bahan organik, bahan mineral, udara dan partikel-partikel lainnya yang terbawa bersama air yang akan diserap ke dalam tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konduktivitas hidrolik jenuh pada beberapa jenis tanah dan penggunaan lahan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei deskriptif. Analisis fisika tanah terdiri dari lima parameter, yaitu: tekstur tanah, berat volume tanah, berat jenis partikel, porositas tanah dan konduktivitas hidrolik jenuh. Pengambilan sampel tanah di lapangan mengacu pada satuan peta lahan yang telah ditentukan penentuan. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada kedalaman 0 – 20 cm dan 20 – 40 cm dengan menggunakan ring sampel dan bor tanah pada setiap satuan peta lahan (SPL) diambil 1 titik sampel tanah yang diulang sebanyak 3 kali. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda dimana konduktivitas hidrolik jenuh sebagai variabel terikat sedangkan tekstur tanah, berat volume tanah, berat jenis partikel dan porositas tanah sebagai variabel bebas.
Hasil penelitian yang dilakukan nilai konduktivitas hidrolik jenuh yang diperoleh tergolong pada dua kelas yaitu: agak lambat dan sedang, kelas agak lambat dengan nilai 1,68 – 1,94 cm jam-3 dan kelas sedang dengan nilai 2,32 – 3,34 cm jam-3. Analisis regresi linier berganda yang dilakukan menunjukkan hasil yang tidak signifikan atau jenis tanah dan penggunaan lahan yang digunakan tidak menunjukkan pengaruh terhadap konduktivitas hidrolik jenuh.

Citation



    SERVICES DESK