MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI RNMULTI LEVEL MARKETING TIENS GROUP RNSYARIAH KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MODAL SOSIAL DALAM STRATEGI RNMULTI LEVEL MARKETING TIENS GROUP RNSYARIAH KOTA BANDA ACEH


Pengarang

NAZRIA ARRAHYU - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Khairulyadi - 197705302010121001 - Dosen Pembimbing I
Siti Ikramatoun - 199007012019032024 - Dosen Pembimbing II
Firdaus Mirza Nusuary - 198610162019031009 - Penguji
Masrizal - 198404152010121005 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1710101010057

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Sosiologi (S1) / PDDIKTI : 69201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)



ABSTRAK
Tiens Group Syariah merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan,
dengan memasarkan produk-produk suplemen herbal dan alat kesehatan. Tiens
Syariah menggunakan modal sosial dalam melakukan pemasaran serta sebagai
strategi mempertahankan eksistensinya di Kota Banda Aceh dengan kulturnya yang
berbeda dari daerah lain karena Aceh sangat kental dengan Syariah Islam, untuk itu
penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana bentuk modal sosial yang dimiliki
oleh Tiens Group Syariah serta perkembangannya di Kota Banda Aceh. Analisis
penelitian ini menggunakan teori modal sosial oleh Robert D. Putnam dengan
menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan naratif. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dalam mempertahankan eksistensi dari bisnis Tiens Syariah di
Kota Banda Aceh. Perusahaan ini menggunakan modal sosial berupa jaringan dan
norma dan kepercayaan. Prospek menjadi penyebab awal mulanya terbentuknya
jaringan. prospek di dalam bisnis Tiens Syariah ini adalah orang baru yang belum
menjadi member dan diundang oleh member untuk melakukan training yang di
jadwalkan. Kemudian member mempresentasikan tentang bisnis Tiens Syariah ini
kepada para prospek. Semakin banyak prospek yang bergabung maka semakin besar
pula jaringan yang akan dibentuk. jaringan yang dilakukan oleh para member akan
mempengaruhi perkembangan Tiens agar semakin meluas di Kota Banda Aceh.
Semakin luas jaringan pemasaran yang bentuknya berjenjang maka keuntungan yang
akan diperoleh semakin besar, hal inilah yang menjadi motivasi para member terus
menerus merekrut orang lain untuk bergabung dengan Tiens. Dalam usaha
mempertahankan jaringan sosial ini, maka diperlukan norma sosial agar tercipta
keteraturan. Adapun norma tersebut berupa aturan tertulis, yang di antaranya yaitu;
membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 99.000, tidak melakukan garis silang
(crossline), mengikuti kegiatan seperti training, seminar, atau kegiatan pertemuan
lainnya setiap minggunya, membawa satu orang peserta yang belum menjadi member
untuk hadir ke acara seminar. Kemudian ketika jaringan sudah stabil yang dibentuk
oleh norma atau aturan maka kelompok Tim member Tiens membuat strategi agar
bisa menumbuhkan kepercayaan masyarakat. Tiens melakukan beberapa strategi
yaitu penambahan nama syariah pada Tiens, adanya sertifikat halal MUI, adanya
reward yang diberikan kepada member yaitu berupa motor, mobil, handphone,
traveling dan uang, dan disaksikan langsung oleh member lainnya. maka dari itu,
masyarakat percaya dengan apa yang dijanjikan oleh perusahaan Tiens dan mau
bergabung dengan bisnis MLM Tiens ini, sehingga terbentuklah suatu jaringan sosial.
Kata Kunci: Tiens Group Syariah, Modal Sosial, MLM

ABCTRACT Tiens Group is a company engaged in sales, by marketing herbal supplement products and medical devices. Tiens uses social capital in marketing and as a strategy to maintain its existence in Banda Aceh City, for this reason this study aims to see how the form of social capital owned by Tiens Group and its development in Banda Aceh City. As for analyzing this phenomenon, this study uses the theory of social capital by Robert D. Putnam by using a narrative approach. The results of this study indicate that in maintaining the existence of the Tiens business in Banda Aceh City, this company uses social capital in the form of networks, norms and trust. Prospects became the cause of the beginning of the formation of networks. The prospect in the Tiens Syariah business is a new person who is not yet a member and is invited by the member to conduct the scheduled training. Then the members presented about the Tiens Syariah business to the prospects. The more prospects that join, the greater the network that will be formed. the network carried out by the members will influence the development of Tiens to expand in Banda Aceh City. The wider the marketing network that is tiered, the greater the benefits that will be obtained, this is what motivates members to continuously recruit others to join Tiens. In an effort to maintain this social network, social norms are needed to create order. The norms are in the form of written rules, which include; pay a registration fee of Rp. 99,000, do not crossline, participate in activities such as training, seminars, or other meeting activities every week, bring one participant who is not yet a member to attend the seminar. Then when the network is stable which is formed by norms or rules, the Tiens member team group makes a strategy so that it can foster public trust. Tiens carried out several strategies, namely the addition of sharia names to Tiens, the existence of MUI halal certificates, the rewards given to members, namely in the form of motorcycles, cars, cellphones, traveling and money, and witnessed directly by other members. therefore, people believe in what the Tiens company promises and want to join tiens MLM business, so that a social network is formed. Keywords: Tiens Group Syariah, Social Capital, MLM

Citation



    SERVICES DESK