HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN RNHASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN RNPENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN RNHASIL BELAJAR MAHASISWA JURUSAN RNPENDIDIKAN GEOGRAFI FKIP RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Nana Suwilma - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alamsyah - 195804041986021005 - Dosen Pembimbing I
M. Hafizul Furqan - 199106092017031101 - Dosen Pembimbing II
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101040004

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sumber belajar merupakan acuan penting dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, salah satunya pemanfaatan internet. Peningkatan hasil belajar mahasiswa juga dapat dipengaruhi oleh tingkat kemandirian belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar mahasiswa jurusan pendidikan geografi FKIP Universitas Syiah Kuala. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Geografi USK angkatan 2017 dan 2018 berjumlah 96 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefesien korelasi antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar sebesar 0,16 dan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar -0,114 termasuk ke dalam kategori hubungan yang lemah. Hasil uji signifikansi antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar diperoleh z_hitung = 2,31 dan z_tabel = 2,58 dan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar diperoleh z_hitung = -1,65 dan z_tabel = 2,58. Berdasarkan hasil pengujian tersebut membuktikan bahwa tolak Ha dan terima Ho artinya tidak terdapat korelasi yang signifikan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi FKIP Universitas Syiah Kuala.
Kata Kunci: Pemanfaatan Internet, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar

Learning resources are an important reference in improving student learning outcomes, one of which is the use of the internet. The increase in student learning outcomes can also be influenced by the level of independence in learning. This study aims to determine whether there is a relationship between the use of the internet as a source of learning and independent learning with student learning outcomes majoring in geography education FKIP Syiah Kuala University. The method in this study uses a quantitative approach to the type of correlation research. The sample in this study was USK's 2017 and 2018 Geography Education students, totaling 96 students. The results showed that the correlation coefficient between the use of the internet as a learning resource and learning outcomes was 0.16 and between learning independence and learning outcomes of -0.114 was included in the weak relationship category. The results of the significance test between the use of the internet as a learning resource were obtained z_count = 2.31 and z_table = 2.58 and between learning independence and learning outcomes obtained z_count = -1.65 and z_table = 2.58. Based on the test results, it proves that reject Ha and accept Ho means that there is no significant correlation between the use of the internet as a learning resource and independent learning with the learning outcomes of students of the Department of Geography Education FKIP Syiah Kuala University. Keywords: Internet Utilization, Independent Learning, Learning Outcomes

Citation



    SERVICES DESK