HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU RUMAH TANGGA DENGAN KONSUMSI GARAM BERYODIUM DI PUSKESMAS MUTIARA TIMUR PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU RUMAH TANGGA DENGAN KONSUMSI GARAM BERYODIUM DI PUSKESMAS MUTIARA TIMUR PIDIE


Pengarang

Said Arief Munandar - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0907101010033

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.44

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Latar Belakang : Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang serius mengingat dampaknya sangat besar terhadap kelangsungan hidup dan kualitas sumber daya manusia. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga tentang garam beryodium dengan konsumsi garam beryodium pada tingkat rumah tangga di Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie Metode: Desain penelitian bersifat analitik dengan pendekatan potong lintang.
Populasi penelitian adalah seluruh ibu rumah tangga di kecamatan mutiara timur kabupaten Pidie. Sampel berjumlah 108 diambil secara kuota sampling. Data primer dikumpulkan dengan kuesioner dan iodine test (ldiometri), dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji Chi-square dan uji Fisher's .. Hasll : Distribusi responden berdasarkan pengetahuan ibu rumah tangga dengan pengetahuan cukup sebanyak 87,0%, pengetahuan kurang 13,0%. berdasarkan sikap ibu rumah tangga dengan sikap positif 46,3% dan negatif53,7%. berdasarkan konsumsi gararn beryodium yang menggunakan sebanyak 12.0%, dan tidak 82.0%. Hasil analisis uji Chi Square dan Fisher's hubungan antara pengetahuan ibu rumah tangga dengan konsumsi garam beryodium (p=O,012 , p < 0,05) dan hubungan antara sikap ibu rumah tangga dengan konsumsi garam beryodium (p=O,O 18. P < 0,05).
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu rumah tangga dengan konsumsi garam beryodium di kecamatan mutiara timur, Pidie.


Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Konsumsi Garam Beryodium

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK