RANCANG BANGUN APLIKASI WEBGIS DATA SPASIAL KOPI ARABIKA DI DATARAN TINGGI GAYO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

RANCANG BANGUN APLIKASI WEBGIS DATA SPASIAL KOPI ARABIKA DI DATARAN TINGGI GAYO


Pengarang

FINZA AULIA SIREGAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Rusdi - 197704012006041001 - Dosen Pembimbing I
Abubakar - 196210101988111001 - Dosen Pembimbing II
Hairul Basri - 196702101991021001 - Penguji
Yulia Dewi Fazlina - 198607192015042002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1605108010039

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

006.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Finza Aulia Siregar. 1605108010039. Rancang Bangun Aplikasi WebGIS untuk Data Spasial Kopi Arabika di Dataran Tinggi Gayo Dibawah bimbingan Muhammad Rusdi sebagai ketua dan Abubakar Karim sebagai Anggota.


RINGKASAN


Komoditas kopi memegang berbagai peranan dalam perekonomian Indonesia, baik sebagai sumber pendapatan bagi petani kopi, sumber devisa, penghasil bahan baku industri, maupun penyedia lapangan kerja melalui kegiatan pengolahan, pemasaran, dan perdagangan ekspor dan impor. Salah satu daerah penghasil utama kopi di Indonesia adalah Provinsi Aceh dengan komoditas kopi Arabika Gayo. Kopi Arabika Gayo merupakan satu diantara komoditi ekspor unggulan Indonesia yang telah dikenal di pasar domestik dan internasional. Untuk itu perlu dilakukannya monitoring lahan kopi Arabika Gayo secara akurat dan berkala untuk mengontrol kelestarian dan perkembangan kopi Arabika Gayo di Dataran Tinggi Gayo.
Penerapan konsep sistem informasi geografis berupa “WebGIS” sebagai media dalam penyajian data kopi Arabika Gayo dapat dilakukan secara baik. Selanjutnya penambahan dan pengurangan data dapat dilakukan secara reguler, sehingga data luasan lahan Kopi Arabika Gayo terupdate setiap saat. Tujuan dari penyusunan WebGIS ini adalah untuk menyusun data perkebunan kopi Arabika di Dataran Tinggi Gayo. Selanjutnya dapat disajikan data lahan perkebunan kopi Arabika eksisting di Dataran Tinggi Gayo dalam bentuk data spasial dan dapat diakses oleh publik dengan memanfaatkan ArcGIS online.
Penyusunan WebGIS ini dilakukan untuk mendapatkan hasil berupa laman webGIS. Data yang disajikan tervisualisasi dengan baik dalam bentuk data spasial. Untuk mengakses WebGIS ini dapat digunakan link url. Metode ini memerlukan beberapa tahapan, yaitu konversi data spasial dari format shapefile menjadi format GeoJSON dan upload data, penyusunan webmap (peta online) dan penyusunan aplikasi webGIS dengan webapp Builder. Penyusunan data layer yang telah dikumpulkan dan pemanfaatan ArcGIS Online menghasilkan WebGIS Kopi Arabika Gayo. WebGIS Kopi Arabika Gayo dan telah dapat diakses melalui alamat https://prkka-webgis-kopi-gis-unsyiah.hub.arcgis.com.

Citation



    SERVICES DESK