KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL RNPADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI LAMKLATRNACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL RNPADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI LAMKLATRNACEH BESAR


Pengarang

CUT KHAIRATUN NISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I
Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing II
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Penguji
Intan Safiah - 197704052008122002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040062

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Cut Khairatun Nisa (2022). Kemampuan Guru dalam Menggunakan Media Audio Visual Pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Lamklat Aceh Besar
Kemampuan guru sangat diperlukan dalam menguasai bagaimana cara penggunaan media audio visual yang tepat agar terciptanya suasana belajar yang efektif dan menarik peserta didik. Melalui penggunaan media yang tepat diajarkan oleh guru kepada peserta didik diharapkan mampu membuat peserta didik menguasai materi IPA sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahapan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah mampu menguasai tiga langkah-langkah penggunaan media audio visual yaitu pada langkah persiapan guru menyiapkan rencana pembelajaran tentang materi tersebut, serta menyiapkan peralatan media yang digunakan dengan tepat, pada langkah pelaksanaan/penyajian guru telah mengikuti sesuai indikator yang ada seperti menjelaskan tujuan pembelajaran dengan baik, mengelola kelas agar peserta didik aman dan tentram dalam belajar. Dan yang terakhir langkah tindak lanjut, guru memberikan latihan untuk melihat sejauh mana peserta didik dapat memahami materi IPA dengan benar sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa guru telah melakukan langkah langkah media audio visual dengan benar sehingga dapat dikatakan guru telah berkemampuan dalam menggunakan media audio visual pada pembelajaran IPA dikelas V.

Kata Kunci : Kemampuan Guru, Media Audio Visual, Pembelajaran IPA

Citation



    SERVICES DESK