KEMAMPUAN GURU PPKN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ABAD 21 BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMPN KECAMATAN TANAH JAMBO AYE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN GURU PPKN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) ABAD 21 BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMPN KECAMATAN TANAH JAMBO AYE


Pengarang

PUTRI AWWALIA WAHYUNI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ruslan - 197602032003121001 - Dosen Pembimbing I
Sanusi - 197304141998021001 - Dosen Pembimbing II
Maimun - 198104202010121003 - Penguji
Rusli Yusuf - 195702101985031004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1606101010050

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Putri awwalia wahyuni. 2022. Kemampuan Guru PPKn dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21 berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye. Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing
(1) Dr. Ruslan, S.Pd., M.Ed (2) Dr. Sanusi, S.Pd., M.Si
Kata Kunci : Kemampuan Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Higher Order Thinking Skills (HOTS)
Penelitian ini berjudul : “Kemampuan Guru PPKn dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21 berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye”. Kemampuan merupakan kapasitas seseorang individu untuk melakukan tugasnya dalam suatu pekerjaan, kemampuan juga bisa disebut kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan Guru PPKn dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21 berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye, (2) Mengetahui Kendala Guru PPKn dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21 berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, dan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu wawancara mendalam. Infroman dalam penelitian ini berjumlah 4 orang guru PPKn. Lokasi Penelitian terletak di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Guru PPKn di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye sudah mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Abad 21 dengan Baik. (2) Kendala yang dialami guru PPKn dalam menyusun RPP yaitu pendistrian buku yang kurang tepat waktu, format RPP yang berubah-ubah, dan alokasi waktu. Saran dari penelitian ini adalah dimana guru PPKn di SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye diharapkan lebih meningkatkan pemahamannya mengenai kurikulum abad 21 khususnya dalam hal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran agar yang dibuat semakin berkualitas dan kepada lembaga SMPN Kecamatan Tanah Jambo Aye lebih sering mengadakan pembinaan kepada guru terkait dengan kurikulum abad 21 agar kompetensi para guru lebih meningkat sehingga lebih profesional dalam melaksanakan tanggung jawabnya.

Citation



    SERVICES DESK