Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BLANGPIDIE MENENTUKAN UNSUR-UNSUR CERITA FANTASI
Pengarang
FAJIRA ULFIDA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ramli - 196312311988101001 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Idham - 197610072006041002 - Dosen Pembimbing II
Razali - 196112211987031002 - Penguji
Armia - 197108221998021001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806102010023
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ulfida, Fajira. Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie dalam Menentukan Unsur-unsur Cerita Fantasi. Skripsi, Program Studi Bahasa Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Ramli, M.Pd. (2) Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed.
Kata kunci: kemampuan siswa, menentukan unsur-unsur, cerita fantasi.
Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie Menentukan Unsur-unsur Cerita Fantasi”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie menentukan unsur-unsur cerita fantasi? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie menentukan unsur-unsur cerita fantasi. Manfaat penelitian ini adalah (1) bagi penulis, dapat memperluas ilmu pengetahuan, terutama bidang bahasa, khususnya menentukan unsur-unsur cerita fantasi, (2) Bagi siswa, dengan adanya penelitian ini siswa dapat mengetahui tingkat kemampuan dan potensi yang mereka miliki dalam menentukan unsur-unsur cerita fantasi, (3) Bagi guru, melalui penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan dan memperbaiki sistem belajar mengajar di sekolah dan dapat menjadi bahan masukan positif dalam menilai keberhasilan suatu proses pembelajaran, (4) bagi sekolah, sebagai penyelenggara dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alat untuk menunjang mutu pengajaran bahasa Indonesia, khususnya pengajaran cerita fantasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie yang dipilih secara random/acak yang berjumlah 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui teknik tes subjektif. Penganalisisan data menggunakan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menentukan unsur-unsur cerita fantasi siswa mendapatkan nilai 40,74 dibulatkan menjadi 41 dan termasuk kategori kurang. Selain skor yang diperoleh secara keseluruhan, skor juga diperoleh berdasarkan masing-masing aspek tersebut, yaitu skor berdasarkan aspek menentukan tema cerita adalah 11,09, menentukan latar yang membangun cerita adalah 62,09, menentukan tokoh protagonis dan antagonis adalah 87,84, menentukan perwatakan tokoh adalah 31,95, menentukan alur adalah 32,77, dan menentukan amanat cerita adalah 21,90. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Blangpidie menentukan unsur-unsur cerita fantasi masih dalam kategori kurang.
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII MTSN 1 BANDA ACEH MENULIS KEMBALI ISI TEKS CERITA FANTASI YANG SUDAH DIDENGAR DAN DIBACA (Rika Ulfiyanti, 2019)
KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SABANG KECAMATAN SUKAKARYA KABUPATEN KOTA SABANG (Nuzul Rahmi, 2014)
MENENTUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN
DUSUN DI LEMBAH SUNYI KARYA MUHAMMAD ALI
KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BAKONGAN (Manzilah, 2013)
KEMAMPUAN SISWA KELAS XI MAN 3 PIDIE MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA PENDEK (ASHIF ALBARKHIA AZMI, 2020)
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 RUNDENG MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR TEKS NARASI (Maya Sari, 2019)