PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014


Pengarang

Yulia Rahma - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906103040021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata kunci: pendekatan SETS, aktivitas, hasil belajar, respon siswa, asam basa.

Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Pendekatan Sains, Environment, Technology and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Pada Materi Asam Basa”, dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan SETS pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-IA4 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa, memberikan soal tes dan angket respon siswa terhadap pendekatan SETS dan pengolahan data menggunakan rumus statistik persentatif. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 69,95% dan 79,3%, secara klasikal hasil belajar siswa menunjukkan 90% mencapai nilai KKM, serta respon positif yang diberikan siswa 88% dan respon negatif 12% terhadap penerapan pendekatan SETS pada materi asam basa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS pada asam basa dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan memberikan respon positif pada siswa di kelas XI-IA4 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK