Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN PENDEKATAN SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA PADA MATERI ASAM BASA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Pengarang
Yulia Rahma - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0906103040021
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Kata kunci: pendekatan SETS, aktivitas, hasil belajar, respon siswa, asam basa.
Telah dilakukan penelitian dengan judul “Penerapan Pendekatan Sains, Environment, Technology and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya Pada Materi Asam Basa”, dengan tujuan untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan pendekatan SETS pada materi asam basa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI-IA4 yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati aktivitas siswa, memberikan soal tes dan angket respon siswa terhadap pendekatan SETS dan pengolahan data menggunakan rumus statistik persentatif. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua dengan nilai rata-rata 69,95% dan 79,3%, secara klasikal hasil belajar siswa menunjukkan 90% mencapai nilai KKM, serta respon positif yang diberikan siswa 88% dan respon negatif 12% terhadap penerapan pendekatan SETS pada materi asam basa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan SETS pada asam basa dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar dan memberikan respon positif pada siswa di kelas XI-IA4 SMA Negeri 1 Krueng Barona Jaya.
Tidak Tersedia Deskripsi
PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yuiska Kurnia Maifi, 2015)
PENERAPAN METODE KARYAWISATA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X-6 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Riska Epitasari, 2013)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TW) PADA MATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA (Fanilawati, 2016)
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY (SETS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KESADARAN LINGKUNGAN SISWA KELAS XI SMAN INGIN JAYA PADA MATERI KOLOID TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 (Salmida, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATERI LAJU REAKSI DI KELAS XI SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (NOVITA SARI, 2015)