PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SD NEGERI 1 JAGONG JEGET ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GAYA DAN GERAK DI KELAS IV SD NEGERI 1 JAGONG JEGET ACEH TENGAH


Pengarang

Cut Nirmala Hayati - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Aida Fitri - 197510132005012001 - Dosen Pembimbing I
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing II
Israwati - 195908261987032002 - Penguji
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Cut Nirmala Hayati (2022). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gaya dan Gerak di kelas IV SD Negeri 1 Jagong Jeget Aceh Tengah

Dalam pembelajaran IPA masih banyak peserta didik yang memiliki hasil belajar yang rendah pada materi gaya dan gerak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model think pair share terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan gerak di kelas IV SD Negeri 1 Jagong Jeget Aceh Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian Eksperimen semu dengan model One Grup Pretest Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di Sd Negeri 1 Jagong Jeget. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive. Sampel yang digunakan sebanyak 16 peserta didik kelas IV yang terdiri dari 7 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes sebanyak 20 butir soal yang berbentuk pilihan ganda setelah 3 kali pertemuan untuk melihat hasil belajar peserta didik. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikan
0.05 setelah persyarat pengujian terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 1) peningkatan hasil belajar peserta didik setelah memperoleh pembelajaran dengan model think pair share 2) hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model think pair share lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional 3) peserta didik lebih aktif dalam proses pembelajaran yang menggunakan model think pair share dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model think pair share peserta didik cendrung bosan dan tidak memiliki semangat belajar. Penerapan model think pair share dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada materi gaya dan gerak menjadi lebih baik.



Kata kunci: Model Think Pair Share, Hasil Belajar, Materi Gaya dan Gerak



ABSTRACT Cut Nirmala Hayati (2022). The Influence of the Think Pair Share Model on Student Learning Outcomes on Style and Movement Materials in Grade IV SD Negeri 1 Jagong Jeget Central Aceh In science learning, there are still many students who have low learning outcomes on force and motion material. This study aims to determine the effect of the think pair share model on student learning outcomes on the material of force and motion in the fourth grade of SD Negeri 1 Jagong Jeget, Central Aceh. The approach used in this research is a quantitative approach. This type of research is a quasi-experiment with the One Group Pretest Posttest Design model. This research was conducted at Sd Negeri 1 Jagong Jeget. Sampling using purposive sampling technique. The sample used was 16 fourth grade students consisting of 7 male students and 9 female students. The data collection technique was carried out by giving a test of 20 questions in the form of multiple choice after 3 meetings to see the learning outcomes of students. In this study, the data analysis technique used the t-test at a significant level 0.05 after the test requirements are met. Based on the results of the study, it is known that 1) the increase in student learning outcomes after receiving learning with the think pair share model 2) the learning outcomes of students who receive learning using the think pair share model are better than students who receive conventional learning 3) students are more active in the learning process that uses the think pair share model compared to learning that does not use the think pair share model, students tend to be bored and do not have the enthusiasm to learn. The application of the think pair share model in learning is proven to be able to influence student learning outcomes on the material of force and motion for the better.

Citation



    SERVICES DESK