//

ANALISIS KUALITATIF DAN KUANTITATIF BUTIR SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) GENAP MATA PELAJARAN KIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mellya Ernita - Personal Name
SubjectCHEMISTRY - TEACHING
EXAMINATIONS (EDUCATIONAL TESTS)
RESEARCH METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: analisis butir soal, validitas soal Telah dilakukan penelitian mengenai analisis butir soal UTS Kimia secara kualitatif dan kuantitatif di SMAN 2 Banda Aceh yang bertujuan untuk memperoleh butir soal yang bermutu. Metode yang digunakan adalah deskriptif. Analisis soal secara kualitatif dilakukan sebelum soal diberikan, yaitu dilakukan oleh dua validator yang mencakup tiga aspek, yakni: materi, konstruk, dan bahasa. Sedangkan analisis soal secara kuantitatif mencakup 5 aspek, yaitu : validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan fungsi pengecoh. Butir soal yang telah valid diberikan pada UTS kelas XI IPA 5, sedangkan soal yang tidak valid diberikan di kelas XI IPA 6 untuk mengetahui perbedaan hasil analisis secara kuantitatif dari kedua kelas. Hasil analisis secara kualitatif menunjukkan terdapat beberapa soal yang harus diperbaiki dari segi materi, konstruk, dan bahasa. Hasil analisis butir soal secara kuantitatif terhadap soal tanpa validasi diperoleh 16,66% soal bermutu baik, dengan rincian sebagai berikut: (a) Terdapat 43,33% soal valid, (b) Koefisien reliabilitas tes sebesar 0,73, memiliki reliabilitas yang tinggi, (c) Tingkat kesukaran soal dengan kriteria sukar, sedang, dan terlalu mudah berturut-turut adalah 53,33%, 36,67%, dan 10,00%, (d) Persentase soal berdaya beda baik yaitu sebesar 60,00%, dan (e) Terdapat 68,33% pengecoh yang berfungsi. Sedangkan hasil pada kelas XI IPA 5 diperoleh soal bermutu baik sebesar 23,33%, dengan rincian sebagai berikut: (a) Terdapat 36,66% soal valid, (b) Koefisien reliabilitas tes 0,63, cukup reliabel, (c) Tingkat kesukaran soal dengan kriteria sukar, sedang, dan terlalu mudah berturut-turut adalah 40,00%, 46,67%, dan 13,33%, (d) Persentase soal berdaya beda baik yaitu sebesar 63,33%, dan (e) Terdapat 65,00% pengecoh yang berfungsi. Analisis nilai UTS menunjukkan tidak terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kedua kelas. Hasil uji t (uji kesamaan dua rata-rata) diperoleh kesimpulan terima H0 tolak Ha, yaitu tidak terdapat perbedaan nilai hasil UTS yang signifikan pada kedua kelas.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DISTRIBUSI DAN TINGKAT KESULITAN BUTIR SOAL KEBAHASAAN RANAH KOGNITIF MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TAKENGON (harfiandi, 2015)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014 PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 66 BANDA ACEH (Nina Zikrina, 2014)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Ernawati, 2014)

TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2020/2021 MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 53 BANDA ACEH (Safira Laili, 2021)

ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII SMA NEGERI 1 ACEH BARAT DAYA TAHUN AJARAN 2020/2021 (IRMA YUSRIANI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy