PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN RNMENGGUNAKAN JASA LAYANAN BANK SYARIAH YANG DIMEDIASI OLEH RELIGIUSITAS DI KALANGAN RNMAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN RNMENGGUNAKAN JASA LAYANAN BANK SYARIAH YANG DIMEDIASI OLEH RELIGIUSITAS DI KALANGAN RNMAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Puteri Nabila - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ridwan Nurdin - 197006092005011003 - Dosen Pembimbing I
Khairil Umuri - 199102222019031017 - Penguji
Muhammad Haris Riyaldi - 198406202014041001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1801104010021

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan kualitas pelayanan terhadap pengambilan keputusan menggunakan jasa layanan bank syariah yang dimediasi oleh religiusitas.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang merupakan mahasiswa aktif S-1 Universitas Syiah Kuala.Data diperoleh dengan penyebaran kuisioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Path Analysis dan Uji Sobel. Hasil analisis penelitian diperoleh hasil bahwa literasi keuangan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap religiusitas.Literasi keuangan, kualias pelayanan dan religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan.Hasil Uji Sobel pada pengaruh tidak langsung menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan religiusitas sebagai variabel mediasi.Kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengambilan keputusan dengan religiusitas sebagai variabel mediasi.Diharapkan kepada setiap lembaga Bank Syariah agar dapat meningkatkan kualitas pelayanannya supaya perbankan ini menjadi salah satu target mahasiswa dalam pengambilan keputusan menggunakan jasa layanan Bank Syariah.
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Kualitas Pelayanan, Pengambilan Keputusan, Religiusitas

This study aims to analyze the effect of financial literacy and service quality on decision making using Islamic banking services mediated by religiosity. This study uses a quantitative approach with a sample of 100 respondents who are active undergraduate students at Syiah Kuala University. Data obtained by distributing questionnaires to respondents. The data analysis technique used is Path Analysis and Sobel Test. The results of the research analysis showed that financial literacy and service quality had a positive and significant effect on religiosity. Financial literacy, service quality and religiosity have a positive and significant effect on decision making. The results of the Sobel test on the indirect effect show that financial literacy does not have a positive and significant effect on decision making with religiosity as a mediating variable. Service quality has a positive and significant influence on decision making with religiosity as a mediating variable. It is hoped that every Islamic Bank institution can improve the quality of its services so that this bank becomes one of the student targets in making decisions about using Islamic Bank services. Keywords: Financial Literacy, Service Quality, Decision Making, Religiosity

Citation



    SERVICES DESK