PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN


Pengarang

ANWAR AR - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200150071

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Anwar AR. Penerapan Pembelajaran Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kerja Ilmiah Siswa Pada Konsep Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 2 Peusangan. Tesis, Pembimbing I. Dr. Samingan, M.Si, Pembimbing II, Dr.Khairil, M.Si.

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Peningkatan hasil belajar siswa pada konsep sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum (2) Peningkatan kemampuan kerja ilmiah siswa pada konsep sistem peredaran darah yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dibandingkan pembelajaran konvensional. Pengambilan data dilakukan di SMA Negeri 2 Peusangan pada tanggal 19 Agustus sampai dengan 16 September 2013. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kontrol grup tes awal dan tes akhir. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 127 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk menilai hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan kemampuan kerja ilmiah siwa berupa lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Hasil uji-t menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan (p>0,05) antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajaran konvensional, (2) terdapat peningkatan skor kemampuan kerja ilmiah siswa yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis praktikum dengan pembelajaran konvensional. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep sistem peredaran darah dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan kerja ilmiah siswa yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) Skor kemampuan kerja ilmiah siswa dengan pembelajaran berbasis praktikum lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.


Kata Kunci: Metode Praktikum, Hasil Belajar, Kerja Ilmiah Siswa, Sistem Peredaran Darah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK