EVALUASI PENERAPAN PENGUATAN PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13 GURU PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI RNKABUPATEN ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

EVALUASI PENERAPAN PENGUATAN PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13 GURU PELAJARAN PJOK DI SMA NEGERI RNKABUPATEN ACEH TENGAH


Pengarang

Saini Mulia - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nyak Amir - 197411251999031002 - Dosen Pembimbing I
Razali - 196510021992031001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906204020016

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Olahraga (S2) / PDDIKTI : 85101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas kip (S2)., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

EVALUASI PENERAPAN PENGUATAN PROSES PEMBELAJARAN KURIKULUM K-13 GURU MATA PELAJARAN PJOK SMA NEGERI KABUPATEN ACEH TENGAH

Abstrak
(Saini Mulia)

Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi yang pernah digagas dalam Rintisan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004, Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran. Yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penguatan proses pembelajaran Kurikulum K-13 pada mata pelajaran PJOK SMA Negeri Kabupaten Aceh Tengah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui informasi dan gambaran tentang implementasi Kurikulum K-13 pada mata pelajaran PJOK SMA Negeri Kabupaten Aceh Tengah. subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK SMA Negeri Kabupaten Aceh Tengah. Data dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan output wawancara menggunakan responden. Analisis data terdiri dari Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data atau display, dan penarikan kesimpulan atau conclution drawing. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Pemahaman guru terkait penguatan Pembelajaran kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PJOK SMA Negeri Kabupaten Aceh Tengah belum optimal, hal tersebut terindikasi dari guru PJOK belum menerapkan kurikulum 2013 pada penyusunan rencana pembelajaran, (2) Penguatan implementasi Pembelajaran PJOK Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Kabupaten Aceh Tengah belumlah optimal, implementasi tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil penelitian dari rencana pembelajaran adalah belumlah optimal terlihat dari RPP yang disusun sebagian besar tidak sesuai dengan prinsip-prinsip penyusunan RPP pada kurikulum 2013 dan juga proses pembelajaran yang belum menggunakan pendekatan Sceintific dan pendekatan tematik terpadu serta belum berdasarkan tema, (3) Hambatan penguatan proses pembelajaran kurikulum 2013 Mata Pelajaran PJOK SMA Negeri Kabupaten Aceh Tengah adalah kurangnya pengetahuan guru terkait konsep kurikulum 2013, sehingga berdampak pada pengimplementasian kurikulum 2013 yang belum optimal.
Kata kunci: Pendidikan Jasmani, Kurikulum 2013, Sekolah Menengah Atas

EVALUATION OF THE IMPLEMENTATION OF STRENGTHENING THE 2013 CURRICULUM LEARNING PROCESS IN HIGH SCHOOL PHYSICAL EDUCATION LESSONS IN ACEH CENTRAL DISTRICT Abstract (Saini Mulia) The 2013 curriculum is a competency-based curriculum that was initiated in the 2004 Competency-Based Curriculum Pioneer (KBK), the 2013 curriculum emphasizes modern pedagogic dimensions in learning. That is using a scientific approach. This study aims to determine the application of strengthening the 2013 Curriculum learning process in high school physical education lessons in Central Aceh Regency. This study uses a qualitative research design to find out information and descriptions about the implementation of the K-13 curriculum in high school physical education lessons in Central Aceh Distric. The subjects in this study were high school physical education teachers in Central Aceh District. The data in this study were obtained based on the output of interviews using respondents. Data analysis consists of data collection, data reduction, data presentation or display, and drawing conclusions. The conclusions of this study are: (1) Teacher understanding related to strengthening 2013 curriculum learning in physical education subjects at the Central Aceh District Senior High School is not yet optimal, it is indicated by physical education teachers not yet implementing the 2013 curriculum in the preparation of lesson plans, (2) Strengthening the implementation of physical education learning based on the 2013 curriculum in Senior High School Aceh Tengah District it is not yet optimal, the implementation can be seen based on the results of research from the lesson plan that it is not yet optimal, it can be seen from the Lesson Plans which are mostly prepared not in accordance with the principles of preparing lesson plans in the 2013 curriculum and also the learning process that has not used the Scientific approach. and an integrated thematic approach and not based on the theme, (3) The obstacles to strengthening the learning process of the 2013 curriculum for samani education at the Senior High School Aceh Tengah District are the lack of teacher knowledge regarding the 2013 curriculum concept, so that does not have an impact on the implementation of the 2013 curriculum which is not optimal. Keywords: Physical Education, The 2013 Curriculum, High School

Citation



    SERVICES DESK