MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT PERMATA SUNNAH, BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK IT PERMATA SUNNAH, BANDA ACEH


Pengarang

NADIA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Israwati - 195908261987032002 - Dosen Pembimbing I
Rahmatun - - - Dosen Pembimbing II
Bahrun - 195908241987021001 - Penguji
Taat Kurnita Yeniningsih - 197101201998032001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104210048

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / PG PAUD (S1) / PDDIKTI : 86207

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nadia. 2022. Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran Di TK IT Permata Sunnah, Banda Aceh. Skripsi, Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:

1). Dr. Dra Israwati, M.Si 2). Rahmatun Nessa, S.Pd., M.Ed

Kata Kunci : Sosial Emosional, Bermain Peran, Anak Usia 5-6 Tahun
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Peran di TK IT Permata Sunnah, Banda Aceh” ini mengangkat masalah bagaimana meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional dalam kegiatan bermain peran anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian 12 orang anak. Lokasi penelitian yang digunakan oleh peneliti berada di Jalan Utama Lorong Banna, Dusun Lamnyong Desa Rukoh, KecamatanSyiah Kuala, Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini di peroleh melalui observasi dan unjuk kerja. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I pertemuan pertama dalam upaya meningkatkan kemampuan sosial emosional anak melalui metode bermain peran belum berkembang (BB) sebanyak 7 orang anak, mulai berkembang (MB) sebanyak 3 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 2 orang anak dan berkembang sangat baik (BSB) berjumlah 0 atau belum terlihat. Siklus I pertemuan kedua terjadinya peningkatan dimana belum berkembang (BB) berjumlah 0, mulai berkembang (MB) sebanyak 5 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 4 orang anak, berkembang sangat baik (BSB) sebanyak 3 orang anak. Selanjutnya pengamatan yang dilakukan pada siklus II juga terlihat mengalami peningkatan hal ini jelas terlihat dimana anak mulai berkembang (MB) sebanyak 1 orang anak, berkembang sesuai harapan (BSH) sebanyak 3 orang dan berkembang sangat baik (BSB) bertambah menjadi 8 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT Permata Sunnah tercapai dan terlaksana dengan baik. Dengan demikian dapat di simpulkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK IT Permata Sunnah terlihat bahwa anak saling berbagi, bekerjasama, bertoleransi, dan berkomunikasi dengan baik antara teman sebaya.

Citation



    SERVICES DESK