Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 MATA PELAJARAN PJOK DI MAN 1 ACEH BESAR
Pengarang
HAFIDH HIDAYATULLAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Razali - 196510021992031001 - Dosen Pembimbing I
Syamsulrizal - 196701301992031003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104020031
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) / PDDIKTI : 85201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Hafidh Hidayatullah (2022). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran PJOK di MAN 1 Aceh Besar.
Pendidikan Jasmani, Olahrga dan Kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang biasanya lebih banyak dilakukan secara tatap muka dalam proses belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar semasa pandemi Covid-19 lebih banyak dilakukan secara daring sesuai arahan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran coronavirus disease (covid-19). Oleh karena itu, guru dan perangkat pendidikan lainnya dituntut untuk bisa beradaptasi dengan metode pembalajaran yang diterapkan saat pandemi Covid-19 melanda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 mata pelajaran PJOK di MAN 1 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Popolasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Aceh Besar dengan jumlah 473 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 47 siswa, atau 10% dari jumlah populasi yang di dikumpulkan dengan teknik Proporsional Random Sampling. Adapun metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa sebanyak 35 rensponden atau sebesar 74,46% berada dalam kategori baik, sebanyak 2 rensponden atau sebesar 2,25% dalam kategori sangat baik, dan sebanyak 10 responden atau sebesar 21,27% berada dalam ketegori kurang. Hasil penelitian persepsi siswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 mata pelajaran PJOK di MAN 1 Aceh Besar rata-rata berada pada kategori baik dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar daring yang disarankan oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan, siswa dapat menerima pembelajaran, menjalankan pembelajaran secara baik, dan mendapatkan dukungan yang baik dalam proses pembelajaran secara daring.
Kata kunci: Persepsi, Pembelajaran Daring, PJOK
ABSTRACT Hafidh Hidayatullah (2022). Student Perceptions of Online Learning During the Covid-19 Pandemic for PJOK Subjects at MAN 1 Aceh Besar. Physical Education, Sports and Health are one of the compulsory subjects which are usually done face-to-face in the teaching and learning process. Teaching and learning activities during the Covid-19 pandemic were mostly carried out online according to the direction of the Ministry of Education and Culture number 4 of 2020 regarding the implementation of education policies in the emergency period of the spread of coronavirus disease (covid-19). Therefore, teachers and other educational devices are required to be able to adapt to the learning methods applied during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study was to find out how students perceive online learning during the Covid-19 pandemic for PJOK subjects at MAN 1 Aceh Besar. This study uses a quantitative approach with a descriptive type of research. The population in this study were all students of MAN 1 Aceh Besar with a total of 473 students. The sample in this study was 47 students, or 10% of the total population which was collected using the Proportional Random Sampling technique. The method used is a survey method with data collection techniques using a questionnaire. Data analysis in this study used descriptive percentage analysis method. Based on the results of research and data analysis, it can be concluded that as many as 35 respondents or 74.46% are in the good category, 2 respondents or 2.25% are in the very good category, and as many as 10 respondents or 21.27% are in the very good category. less category. The results of research on student perceptions of online learning during the Covid-19 pandemic, PJOK subjects at MAN 1 Aceh Besar are on average in the good category in carrying out online teaching and learning activities recommended by the ministry of education and culture, students can receive learning, carry out learning well , and get good support in the online learning process. Keywords: Perception, Online Learning, PJOK
PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN DAR-ING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 BLANGPEGAYON (SADIKIN, 2022)
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA MASA COVID-19 DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM (SAFWANDI, 2021)
PERSEPSI MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT TERHADAP PENYESUAIAN KURIKULUM ORTODONSIA SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Rizka Fadilla Fadli, 2023)
KESIAPAN GURU PPKN DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING RNDI SMA KECAMATAN JOHAN PAHLAWAN KABUPATEN ACEH BARAT (NORA MARIANTIKA, 2022)
UPAYA GURU MATA PELAJAR EKONOMI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI 1 TAKENGON (Patin Nabilla, 2021)