HUBUNGAN DERAJAT MEROKOK, JENIS ROKOK, DAN LAMA MEROKOK DENGAN PENYAKIT STROKE ISKEMIK | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN DERAJAT MEROKOK, JENIS ROKOK, DAN LAMA MEROKOK DENGAN PENYAKIT STROKE ISKEMIK


Pengarang

Rayga Rayyan - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1007101050067

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Stroke merupakan salah satu penyebab kematian tersering di banyak negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia kejadian stroke paling banyak terdapat di Provinsi Aceh.Merokok adalah salah satu faktor resiko stroke yang dapat dikontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganderajat merokok, jenis rokok dan lama merokok dengan penyakit stroke iskemik. Metode penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectionaldan dilaksanakan di Poliklinik Saraf RSU Zainal Abidin Banda aceh, pada 25 Juni – 10 Juli 2014. Besar sampel yang digunakan adalah 49 orang dengan teknik consecutive sampling. Data dikumpulkan berdasarkan wawancara untuk mengetahuiderajat merokok, jenis rokok, dan lama merokok, serta hasil CT-Scan untuk diagnosa stroke. Analisis data dilakukan dengan program SPSS.Dari analisis hasil penelitian, diperoleh 31 responden merupakan penderita stroke iskemik dan 18 responden penderita stroke hemorragik. Mayoritasuntuk derajat merokok yaitu kelompok sedang (49 %) padapenderita stroke iskemik,dengan uji Chi Square didapati hubungan yang signifikan (p 0,03), mayoritas jenis rokok yaitu jenis kretek (71,4 %) padapenderita stroke iskemik,dengan uji Chi Square didapati hubungan yang signifikan (p 0,01), mayoritas untuk lama merokok yaitu kelompok berat (55,1 %) padapenderita stroke iskemik,dengan uji Chi square didapati hubungan yang signifikan (p 0,02). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah terdapatnya hubungan antara derajat merokok, jenis rokok, dan lama merokok dengan penyakit stroke iskemik. Dengan peningkatan edukasi bahaya merokok pada masyarakat, maka kejadian stroke dapat di cegah.

Kata kunci: Stroke iskemik, derajat merokok, jenis rokok, lama merokok.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK