Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP RNHASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SD NEGERI GAROT KEC. DARUL RNIMARAH KAB. ACEH BESAR
Pengarang
SARANIZA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I
Monawati - 195705261981032001 - Dosen Pembimbing II
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806104040060
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP UNSYIAH., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Saraniza. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Di Kelas V SD
Negeri Garot Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah
kuala, Pembimbing:
(1. Dra. Alfiati Syafrina., M.Pd) (2. Dra. Monawati., M.Pd)
Kata kunci : Model kooperatif tipe Snowball Throwing, hasil belajar, bangun ruang.
Penggunaan model pembelajaran pada pembelajaran siswa sangatlah penting
dikarenakan dengan adanya model yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Materi yang akan dibahas yaitu bangun ruang. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah apakah ada pengaruh yang signifikan model kooperatif tipe Snoball Throwing
terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas V SD Negeri Garot
Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Maka penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil
belajar siswa pada materi bangun ruang di Kelas V SD Negeri Garot Kec. Darul Imarah
Kab. Aceh Besar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan design yang digunakan yaitu
One grup pretest-posttest. Dalam penelitian ini yang akan menjadi populasi adalah
seluruh kelas V yang ada di SD Negeri Garot Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar
sedangkan yang akan menjadi sampel didalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas
Va jumlah siswa kelas Va adalah 30. Penelitian dilakukan sebanyak 4 hari. Teknik
pengumpulan data yang dlakukan dengan memberikan soal Pre-test dan juga soal Posttest.
Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rat Pre-test dan juga Post-test, dan
juga pengujian hipotesis mengunakan statistic uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 6,628 sedangkan ttabel = 1,70 jadi
dapat dilihat bahwa jika thitung ≥ ttabel yaitu 6,628 ≥ 1,70. Dengan demikian H0 ditolak dan
H1 diterima, sehingga hipotesis dalam penelitian ini menyatakan bahwa “ada pengaruh
yang signifikan model Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada materi
bangun ruang di Kelas V SD Negeri Garot Kec. Darul Imarah Kab. Aceh Besar” dapat
diterima.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BATUAN DI KELAS V SD NEGERI 20 BANDA ACEH (fulfita musliana, 2013)
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANGRNDI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (Dara Quthnie, 2014)
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI PERKEMBANGAN
TEKNOLOGI UNTUKMENCAPAI KETUNTASAN HASIL
BELAJAR SISWAKELAS IV SD NEGERI 69
BANDA ACEH (Silvia Srifuji Ys, 2013)
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATERI STRUKTUR ATOM MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING (Nurliana, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN DI KELAS IV SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ANNA FITRIA, 2014)