HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2008 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2008


Pengarang

Roni Novrian - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0407101020003

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2009

Bahasa

Indonesia

No Classification

153.8

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Motivasi kerja adalah suatu kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja . Motivasi kerja itu sendiri mempengaruhi perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan sehingga tercapainya kepuasan pasien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan motivasi kerja perawat pelaksaoa dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh yang meliputi faktor pekerjaan, faktor tanggung jawab, faktor kondisi kerja, faktor supervisi, faktor kebijakan perusahaan, dan faktor hubungan interpersonal. Desain penelitian Deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu sebanyak 63 orang. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 24-30 November 2008 di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh. Alat pengumpulan data berupa kuesioner berbentuk skala likert yang terdiri dari 30 pernyataan untuk motivasi kerja dan 10 pernyataan untuk kepuasan pasien. Didapatkan hasil motivasi kerja berada pada kategori baik yaitu 32 orang (50,8 %) yang meliputi faktor pekerjaan 47 orang (74,6 %), faktor tanggung jawab 41 orang (65 %), faktor kondisi kerja 36 orang (57,1 %), faktor supervisi 40 orang (63,5 %), faktor kebijakan perusahaan 40 orang (63,5 %), faktor hubungan interpersonal 37 orang (58,7 %), dan kepuasan pasien berada pada kategori puas yaitu 39 orang (61,9 %). Data dianalisis secara manual dengan menggunakan formula chi square dengan confidence interval 95% dan a =0.05. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada hubungan motivasi kerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat lnap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh Tahun 2008. Saran untuk perawat pelaksana untuk dapat meningkatkan motivasi kerja dalam memberikan pelayanan keperawatan demi tercapainya kepuasan pasien.

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepuasan Pasien

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK