Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN MOTIVASI KERJA PERAWAT PELAKSANA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA BANDA ACEH TAHUN 2008
Pengarang
Roni Novrian - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0407101020003
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2009
Bahasa
Indonesia
No Classification
153.8
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Motivasi kerja adalah suatu kondisi yang berpengaruh untuk membangkitkan, mengarahkan dan memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja . Motivasi kerja itu sendiri mempengaruhi perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan sehingga tercapainya kepuasan pasien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan motivasi kerja perawat pelaksaoa dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh yang meliputi faktor pekerjaan, faktor tanggung jawab, faktor kondisi kerja, faktor supervisi, faktor kebijakan perusahaan, dan faktor hubungan interpersonal. Desain penelitian Deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu sebanyak 63 orang. Pengumpulan data dilakukan dari tanggal 24-30 November 2008 di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh. Alat pengumpulan data berupa kuesioner berbentuk skala likert yang terdiri dari 30 pernyataan untuk motivasi kerja dan 10 pernyataan untuk kepuasan pasien. Didapatkan hasil motivasi kerja berada pada kategori baik yaitu 32 orang (50,8 %) yang meliputi faktor pekerjaan 47 orang (74,6 %), faktor tanggung jawab 41 orang (65 %), faktor kondisi kerja 36 orang (57,1 %), faktor supervisi 40 orang (63,5 %), faktor kebijakan perusahaan 40 orang (63,5 %), faktor hubungan interpersonal 37 orang (58,7 %), dan kepuasan pasien berada pada kategori puas yaitu 39 orang (61,9 %). Data dianalisis secara manual dengan menggunakan formula chi square dengan confidence interval 95% dan a =0.05. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada hubungan motivasi kerja perawat pelaksana dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat lnap Rumah Sakit Umum Meuraxa Banda Aceh Tahun 2008. Saran untuk perawat pelaksana untuk dapat meningkatkan motivasi kerja dalam memberikan pelayanan keperawatan demi tercapainya kepuasan pasien.
Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepuasan Pasien
Tidak Tersedia Deskripsi
TINGKAT KINERJA PERAWAT DAN KEPUASAN PASIENRNSELAMA PANDEMI COVID-19 DI RUANG RAWATRNINAP RSUD MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Maulia Midari, 2022)
HUBUNGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU DENGAN MOTIVASIRNINTRINSIK PERAWAT PELAKSANA DALAM MEMBERIKANRNPELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RUMAHRNSAKIT UMUM DAERAH MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2014 (AYU MULYANI, 2014)
HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KINERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT BANDA ACEH (USI RETNO ZULYANTY, 2021)
PERBANDINGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA DAN RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK TAHUN 2013 (Fauzan Safwandi, 2013)
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP BLUD RUMAH SAKIT UMUM MEURAXA KOTA BANDA ACEH TAHUN 2015 (Abdul Halim, 2015)