ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN KIT IPA DI KELAS TINGGI SD NEGERI JURONG MESJID KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN KIT IPA DI KELAS TINGGI SD NEGERI JURONG MESJID KABUPATEN PIDIE


Pengarang

FALYATUN HUSNA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing I
Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing II
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Penguji
Intan Safiah - 197704052008122002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Husna, Falyatun. 2022. Analisis Kemampuan Guru dalam Menggunakan KIT IPA di Kelas Tinggi SD Negeri Jurong Mesjid Kabupaten Pidie. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
(1) Suci Fitriani, S.Pd., M.Pd (2) Dr. Drs. Sulaiman, M.Si
Kata Kunci : Kemampuan Guru, KIT IPA
Kemampuan guru dalam menggunakan KIT IPA perlu keterampilan dan pelatihan khusus. Dalam KIT IPA menyediakan keseluruhan materi ilmu pengetahuan alam (IPA) yang harus dibuktikan dengan melakukan percobaan terhadap materi yang akan diajarkan. Tugas penelitian ini adalah analisis kemampuan guru dalam menggunakan KIT IPA di kelas tinggi SD Negeri Jurong Mesjid Kabupaten Pidie. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan guru dalam mengunakan KIT IPA di Kelas Tinggi SD Negeri Jurong Mesjid Kabupaten Pidie.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru kelas tinggi SD Negeri Jurong Mesjid.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Teknik wawancara dan observasi dilakukan dengan guru kelas tinggi SD Negeri Jurong Mesjid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru kelas IV melakukan percobaan dengan menggunakan KIT IPA garpu tala, pada materi bunyi guru memilih sub bab sesuai dengan materi, namun guru belum mampu menggunakan KIT IPA sesuai dengan petunjuk. Di kelas V Guru menggunakan KIT IPA katrol sebagai alat untuk percobaan, penggunaan alat percobaan katrol sangat membantu proses belajar perserta didik, kemampuan guru dalam menggunakan KIT IPA katrol sesuai dengan langkah-langkah penggunaan KIT IPA, guru menjelaskan tentang percobaan dengan baik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Pada kelas VI guru menggunakan KIT IPA magnet untuk percobaan, dalam proses percobaan guru menjelaskan tentang benda yang dapat ditarik dan benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet, namun guru belum mampu menggunakan KIT IPA sesuai petunjuk.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa KIT IPA sanggat terbantu dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun untuk peserta didik. Namun kemampuan guru dalam menggunakan KIT IPA perlu ditingkatkan lagi, karna dilihat dari ada beberapa guru yang masih belum menggunakan KIT IPA sesuai dengan langkah-langkah penggunaan KIT IPA.

Citation



    SERVICES DESK