//

ENGGUNAAN METODE CERAMAH BERVARIASI UNTUK MENCAPAIRNKETUNTASAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERANANRNDAN MENGHARGAI JASA TOKOH PROKLAMASIRNDI KELAS V SDN 69 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Risma yanti - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING OUTCOMES
LECTURE METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Metode Ceramah Bervariasi, Peranan dan Menghargai Jasa Tokoh Proklamasi, Ketuntasan Belajar Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar pada Materi Peranan dan Menghargai Jasa Tokoh Proklamasi di Kelas V SDN 69 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode ceramah bervariasi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi melalui penggunaan metode ceramah bervariasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Hipotesis dari penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah bervariasi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan di SDN 69 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 69 Banda Aceh yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk isian. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan 5% = 0,05. Setelah data diolah dengan menggunakan uji-t, diperoleh yaitu 8,18 1,70. Maka, dinyatakan ditolak dan diterima. Sehingga hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan metode ceramah bervariasi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Disarankan kepada peneliti lain untuk menggunakan metode ceramah bervariasi, karena metode ini dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa. ABSTRAK Kata kunci: Metode Ceramah Bervariasi, Peranan dan Menghargai Jasa Tokoh Proklamasi, Ketuntasan Belajar Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Ceramah Bervariasi untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar pada Materi Peranan dan Menghargai Jasa Tokoh Proklamasi di Kelas V SDN 69 Banda Aceh. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Apakah penggunaan metode ceramah bervariasi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi melalui penggunaan metode ceramah bervariasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Hipotesis dari penelitian ini adalah penggunaan metode ceramah bervariasi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Penelitian dilaksanakan di SDN 69 Banda Aceh. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 69 Banda Aceh yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk isian. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan 5% = 0,05. Setelah data diolah dengan menggunakan uji-t, diperoleh yaitu 8,18 1,70. Maka, dinyatakan ditolak dan diterima. Sehingga hipotesis penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan metode ceramah bervariasi dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa pada materi peranan dan menghargai jasa tokoh proklamasi di kelas V SDN 69 Banda Aceh. Disarankan kepada peneliti lain untuk menggunakan metode ceramah bervariasi, karena metode ini dapat mencapai ketuntasan hasil belajar siswa.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

METHODS APPLIED BY THE TEACHERS IN TEACHING SPEAKING FOR GRADE XII OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS (A QUALITATIVE STUDY AT SMAN 2 BANDA ACEH) (FRILLA GEUBRINA DJUFRI, 2014)

PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATERI MENGHARGAI JASA DAN PERANAN KOKOH PEJUANG DALAM MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI UTEUN PULO NAGAN RAYA (Rima Prajuita, 2014)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

THE IMPLEMENTATION OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN TEACHING LISTENING SKILL TO SENIOR HIGH SCHOOOL STUDENTS (lia maisyarah, 2013)

PENGGUNAAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MENGENAL DAN MENGHARGAI PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN DI KELAS V SD NEGERI 20 SABANG (RAHMIATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy