HUBUNGAN SIKAP CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRN DR. ZAINOEL ABIDINRN BANDA ACEHRN TAHUN 2011 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN SIKAP CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAHRN DR. ZAINOEL ABIDINRN BANDA ACEHRN TAHUN 2011


Pengarang

Angga satria pratama - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0707101060057

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Caring adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk membcnikan asuhan fisik dan
memperhatikan emosi sambil meningkatkan rasa aman dan keselamatan klien
Kepuasan pasien adalah perasaan pasien setelah membandingkan kinerja atau hasil
yang dirasakannya dengan harapannya. Penelitian imi bertujuan untuk mengetahui
hubungan sikap caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2011. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 02 -11 Desember 2011, dengan desain
penelitian cross sectional study, dan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan jumlah sampel 74 orang. Analisa data menggunakan uji stanstik Chi-Square dengan menggunakan perangkat komputer. Uji hipotesis, p-value > a (0,05) maka Ho diterima, dan p-value s dari a (0,05) maka Ho ditolak Dari hasil penelitian didapatkan ada hubungan faktor humanistik dan altruistik (p-value
0,019), faktor kepercayaan dan harapan (p-value 0,002), faktor sensitivitas (p value 0,000), faktor hubungan saling percaya (p-value 0,000), faktor ekspresi perasaan pasien (p-value 0,00I), faktor pemecahan masalah (p-value 0,000), faktor metode pembelajaran interpersonal (p-value 0,000), faktor menciptakan
lingkungan yang mendukung (p-value 0,003), faktor memenuhi kebutuhan dasar (p-value 0,000), dan faktor pengalaman fenomenologis (p-value 0,000) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan hasil penelitian keseluruhan ada hubungan sikap caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat lnap Rumah Sakit Umum
Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2011 (p-value 0,000). Dengan hasil penelitian ini,diharapkan sikap caring perawat lebih baik, sehingga pasien akan puas dcngan pelayanan yang diberikan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Kata kunci . Caring, Kepuasan Pasien, Perawat

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK