PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 1 LAMBHEU ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 1 LAMBHEU ACEH BESAR


Pengarang

Tesya Ananda Putri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing II
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Penguji
Israwati - 195908261987032002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 di Kelas V SDN 1 Lambheu Aceh Besar. Pembelajaran yang berpusat kepada guru berdampak kepada hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Dimana hasil belajar yang diperoleh peserta didik tidak mencapai Kriteria Belajar Minimal atau KBM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 di kelas V SDN 1 Lambheu Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 khususnya pada materi zat tunggal dan zat campuran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya yaitu True Experimental dengan desain Pretest-Posttes Control Group Design.. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Lambheu Aceh Besar kelas V Jln Kreung Daroy Utama Perumnas Lambheu, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh peserta didik kelas VA dan VB dengan jumlah peserta didik sebanyak 50 orang .Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS Statistic 24 dan pengujian hipotesis dengan uji-t test independent. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji t-test independent diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema 1 di kelas V SDN 1 Lambheu Aceh Besar.

This research is entitled The Effect of Scramble Model on Student Learning Outcomes on Theme 9 Objects Around Us Subtheme 1 in Class V SDN 1 Lambheu Aceh Besar. Teacher-centered learning has an impact on the learning outcomes obtained by students. Where the learning outcomes obtained by students do not reach the Minimum Learning Criteria or KBM. The formulation of the problem in this research is "is there a significant effect of using the Scramble model on student learning outcomes in Theme 9 Objects Around Us Subtheme 1 in class V SDN 1 Lambheu Aceh Besar?". This study aims to determine the significant effect of using the Scramble model on student learning outcomes in Theme 9 Objects Around Us Subtheme 1, especially on single substance and mixed substances. The approach in this research is a quantitative approach, the type of research is True Experimental with a Pretest-Posttes Control Group Design. This research was conducted at the State Elementary School 1 Lambheu Aceh Besar class V Jln Kreung Daroy Utama Perumnas Lambheu, Darul Imarah District, Aceh Besar District. Sampling using saturated sampling technique with a sample of all students in class VA and VB with a total of 50 students. Data collection techniques used tests in the form of pretest and posttest, while the data analysis technique used SPSS Statistics 24 and hypothesis testing with t-test test. independent. The results of hypothesis testing with independent t-test statistics obtained a significance value (2-tailed) of 0.000

Citation



    SERVICES DESK