Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA SUBTEMA 1 DI KELAS V SDN 1 LAMBHEU ACEH BESAR
Pengarang
Tesya Ananda Putri - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing II
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Penguji
Israwati - 195908261987032002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806104040002
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 di Kelas V SDN 1 Lambheu Aceh Besar. Pembelajaran yang berpusat kepada guru berdampak kepada hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik. Dimana hasil belajar yang diperoleh peserta didik tidak mencapai Kriteria Belajar Minimal atau KBM. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 di kelas V SDN 1 Lambheu Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Subtema 1 khususnya pada materi zat tunggal dan zat campuran. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis penelitiannya yaitu True Experimental dengan desain Pretest-Posttes Control Group Design.. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 Lambheu Aceh Besar kelas V Jln Kreung Daroy Utama Perumnas Lambheu, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar. Pengambilan sampel dengan teknik sampling jenuh dengan sampel seluruh peserta didik kelas VA dan VB dengan jumlah peserta didik sebanyak 50 orang .Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS Statistic 24 dan pengujian hipotesis dengan uji-t test independent. Hasil pengujian hipotesis dengan statistik uji t-test independent diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 9 benda-benda di sekitar kita subtema 1 di kelas V SDN 1 Lambheu Aceh Besar.
This research is entitled The Effect of Scramble Model on Student Learning Outcomes on Theme 9 Objects Around Us Subtheme 1 in Class V SDN 1 Lambheu Aceh Besar. Teacher-centered learning has an impact on the learning outcomes obtained by students. Where the learning outcomes obtained by students do not reach the Minimum Learning Criteria or KBM. The formulation of the problem in this research is "is there a significant effect of using the Scramble model on student learning outcomes in Theme 9 Objects Around Us Subtheme 1 in class V SDN 1 Lambheu Aceh Besar?". This study aims to determine the significant effect of using the Scramble model on student learning outcomes in Theme 9 Objects Around Us Subtheme 1, especially on single substance and mixed substances. The approach in this research is a quantitative approach, the type of research is True Experimental with a Pretest-Posttes Control Group Design. This research was conducted at the State Elementary School 1 Lambheu Aceh Besar class V Jln Kreung Daroy Utama Perumnas Lambheu, Darul Imarah District, Aceh Besar District. Sampling using saturated sampling technique with a sample of all students in class VA and VB with a total of 50 students. Data collection techniques used tests in the form of pretest and posttest, while the data analysis technique used SPSS Statistics 24 and hypothesis testing with t-test test. independent. The results of hypothesis testing with independent t-test statistics obtained a significance value (2-tailed) of 0.000
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 2 DI KELAS IV SDN 71 BANDA ACEH (CUT RANIA KIRANA, 2022)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS RNGAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR RNPESERTA DIDIK TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V RNSD NEGERI GAROT ACEH BESAR RNPENGARUH SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA (Sri Dwi Pratiwi, 2022)