PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIPADU DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DIPADU DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH


Pengarang

Zahara Khairun Nisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhibbuddin - 196305141989031002 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103010008

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Pendidikan Biologi., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Hasil belajar peserta didik yang masih rendah pada materi ekosistem yaitu masih berada dibawah standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena hasil belajar siswa selama ini masih kurang yaitu dalam hal memahami konsep berdasarkan materi, ternyata siswa masih kurang aktif dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran make a match dipadu dengan media gambar pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest posttest control group. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X IPA 3 dan X IPA 5. Parameter yang digunakan adalah hasil belajar yang diukur dengan menggunakan pretest dan posttest. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang telah diperoleh selanjutnya ditabulasi dan dianalisis menggunakan uji t terhadap perbedaan nilai rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh Sig. 0,000 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dipadu dengan media gambar pada materi ekosistem berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.

Student learning outcomes are still low on ecosystem material, which is still below the Minimum Completeness Criteria (KKM) standard, this is because student learning outcomes so far are still lacking, namely in terms of understanding concepts based on material, it turns out that students are still less active in carrying out the learning process. The purpose of this study was to determine the effect of increasing student learning outcomes using the make a match learning model combined with image media on ecosystem materials. This study uses an experimental method with a pretest posttest control group design. The sample in this study was class X IPA 3 and X IPA 5. The parameters used were learning outcomes measured using pretest and posttest. The approach used in this research is quantitative. The data obtained were then tabulated and analyzed using the t-test on the difference in the average N-Gain value in the experimental class and the control class. The results of data analysis obtained Sig. 0.000 < 0.05. The conclusions of this study indicate that the application of the make a match learning model combined with image media on ecosystem materials has an effect on improving student learning outcomes.

Citation



    SERVICES DESK