PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS RNGAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR RNPESERTA DIDIK TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V RNSD NEGERI GAROT ACEH BESAR RNPENGARUH SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS RNGAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR RNPESERTA DIDIK TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V RNSD NEGERI GAROT ACEH BESAR RNPENGARUH SOAL HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) PADHASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA


Pengarang

Sri Dwi Pratiwi - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing II
Said Darnius - 195810301986031002 - Penguji
Rizki Kurniawati - 199106052021022101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040001

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Pratiwi, Sri Dwi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams
Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 7
Subtema 1 Kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,
Universitas Syiah Kuala.

(1) Dr. Intan Safiah, S.Ag, M.Pd. (2) Dra. Alfiati Syafrina, M.Pd.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Teams Games Tournament
(TGT), Hasil Belajar, Tema 7 Subtema 1.

Penggunaan model pembelajaran pada saat proses belajar mengajar sangatlah penting
dikarenakan dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat peserta didik
dapat memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Mata pelajaran yang diteliti adalah
tematik tema 7 subtema 1 kelas V pelajaran IPA materi perubahan wujud benda.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar
IPA materi perubahan wujud benda kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar. Penelitian
ini betujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar IPA materi perubahan
wujud benda kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen bentuk design yang
digunakan yaitu One grup pretest-posttest.Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas V SD Negeri Garot yang berjumlah 87 siswa terbagi atas tiga
kelas yaitu kelas VA sebanyak 30 siswa, kelas VB sebanyak 31 siswa, dan kelas VC
sebanyak 26 siswa. Sampel dalam penelitian in adalah kelas VB yang berjumlah 31
siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah memberikan soal pretest
danposttest sebanyak 20 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisi data
menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS Statistic versi 23 data dapat di
uji dengan uji t berpasangan (Paired Sample t Test) dengan hipotesis Sig > 0,05
maka Ho diterima, dan jika Sig < 0,05 maka Ho ditolak.
Berdasarkan hasil perhitungan statistic uji t berpasangan thitung adalah -16,219
dan Sig 0,000 dari perbandingan tersebut diambil keputusan bahwa H1 diterima dan
Ho ditolak, ini berarti dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar IPA materi
perubahan wujud benda kelas V SD Negeri Garot Aceh Besar.

Citation



    SERVICES DESK