//

DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFA L.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR CANDIDA ALBICANSRNSECARA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hadid Iskandar Harahap - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Insiden kandidiasis masih sangat tinggi di Indonesia dan 70% dari kandidiasis disebabkan oleh Candida albicans. Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn) telah diketahui memiliki efek antifungi terhadap Trichophyton rubrum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak etanol bunga Rosella dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans secara in vitro. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen laboratorium dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 kelompok, yaitu 4 kelompok perlakuan (ekstrak etanol bunga Rosella masing-masing dengan konsentrasi 25%, 50%, 75%, dan 100%) dan 2 kelompok kontrol (kontrol positif yaitu nistatin 100 unit dan kontrol negatif yaitu akuades steril). Uji daya hambat dilakukan dengan metode difusi agar menggunakan kertas cakram. Data dianalisis dengan menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian juga dijabarkan sesuai dengan klasifikasi respon hambat menurut Greenwood. Hasil uji daya hambat diperoleh bahwa ekstrak etanol bunga Rosella dengan konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100% masing-masing dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans dengan rata-rata 15 mm, 17,5 mm, 19 mm dan 21,5 mm. Hasil analisis data diperoleh adanya pengaruh yang sangat nyata (p < 0,05) dari pemberian ekstrak bunga Rosella dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara ekstral etanol bunga Rosella konsentrasi 100% dengan nistatin 100 unit dalam menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans. Kesimpulan dari hasil di atas adalah ekstrak etanol bunga Rosella dapat menghambat pertumbuhan Candida albicans dan semakin tinggi konsentrasi maka semakin besar zona hambat yang terbentuk. Kata kunci: Rosella, Ekstrak etanol, Candida albicans

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN) TERHADAP PSEUDOMONAS AERUGINOSA DARIRNISOLAT KLINIS (Mahda Rizki Liana, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN.) TERHADAP BAKTERI PROTEUS SP. DARI ISOLAT KLINIS (INDAH PUSPITA PUTRI, 2014)

PERBANDINGAN AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK METANOL DAN EKSTRAK AIR BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA L.) KERING DALAM KEMASAN TERHADAP PERTUMBUHAN ESCHERICIA COLI SECARA IN VITRO (Alfina Ayyu Rachmah, 2014)

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA LINN) TERHADAP KLEBSIELLA PNEUMONIAE ISOLAT KLINIS (AYU LESTARI, 2015)

PENGARUH EKSTRAK KELOPAK BUNGA ROSELLA (HIBISCUS SABDARIFFA) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS SEBAGAI PENYEBAB KANDIDIASIS RONGGA MULUT SECARA IN VITRO. (Faolyna, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy