Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA RNMATERI SISTEM SIRKULASI DI SMAN 2 TAPAKTUAN
Pengarang
Dina Ulyana Sn - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Muhibbuddin - 196305141989031002 - Dosen Pembimbing I
Andi Ulfa Tenri Pada - 198304212008122003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103010011
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Dina Ulyana. SN. 2022. Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Peserta Didik Pada Materi Sistem Sirkulasi di SMAN 2 Tapaktuan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing:
(1) Dr. Muhibbuddin, M.S., (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd.
Kata Kunci: Blended Learning, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis online. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar dan motivasi peserta didik pada materi sistem sirkulasi melalui implementasi blended learning. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen berdesain one-group pretest posttest desain. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA. Parameter yang digunakan yaitu hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik yang dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Data yang diperoleh selanjutnya ditabulasi dan dianalisis dengan rumus N-Gain untuk mengetahui peningkatan skor hasil belajar dan motivasi belajar. Selanjutnya, dilakukan analisis statistika berupa uji one sample t-test untuk mengetahui perbedaan skor hasil belajar dan motivasi pada pretest dan posttest. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan yaitu implementasi blended learning pada materi sistem sirkulasi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tapaktuan dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik. Kemudian terdapat perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada materi sistem sirkulasi sesudah diterapkan metode blended learning di SMAN 2 Tapaktuan.
ABSTRACT Dina Ulyana. SN. 2022. Implementation of Blended Learning to Improve Learning Outcomes and Student Motivation on Circulation System Materials at SMAN 2 Tapaktuan. Thesis, Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1) Dr. Muhibbuddin, M.S., (2) Dr. Andi Ulfa Tenri Pada, M.Pd. Keywords: Blended Learning, Learning Outcomes, Learning Motivation Blended learning is a learning method that combines face-to-face learning with online-based learning. The purpose of this study is to determine the improvement and differences in learning outcomes and student motivation on the material circulation system through the implementation of blended learning. This study uses an experimental method with a one-group pretest posttest design. The sample in this study were students of class XI science. The parameters used are learning outcomes and students' learning motivation collected through pretest and posttest. The data obtained were then tabulated and analyzed using the N-Gain formula to determine the increase in learning outcomes and learning motivation. Furthermore, statistical analysis was carried out in the form of a one sample t-test to determine the difference in learning outcomes and motivation scores on the pretest and posttest. The results of the research that can be concluded are that the implementation of blended learning in the circulation system material for class XI IPA SMA Negeri 2 Tapaktuan can improve learning outcomes and student motivation. Then there are differences in learning outcomes and students' learning motivation in the circulation system material after the blended learning method is applied at SMAN 2 Tapaktuan.
PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PPKN DI SMAN 1 KOTA JANTHO (RISKI ANDAYANI, 2021)
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS BLENDED LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 KUTACANE (Putri Kapli, 2021)
IMPLEMENTASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Fariatul Murtavia, 2022)
IMPLEMENTASI MODUL BERBASIS SAINTIFIK DIPADUKAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS,MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMAN ACEH BARAT DAYA (SORAYA ULFAH, 2020)
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMAN 1 TAPAKTUAN (Selviyana, 2022)