PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP PERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI I SABANG. | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP PERUSAKAN DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI I SABANG.


Pengarang

Syarifah Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200150070

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Magister Pendidikan Biologi., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Husna Syarifah, Penerapan Problem Based Learning Pada Konsep Perusakan dan Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa SMA Negeri I Sabang.



ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan; (2) peningkatan sikap peduli lingkungan siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan. Penelitian ini di lakukan di SMA Negeri 1 Sabang, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester ganjil pada tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 134 siswa terdiri dari 5 kelas. Sampel diambil sebanyak 2 kelas, terdiri dari satu kelas eksperimen menerapkan model PBL dan satu kelas kontrol menerapkan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah pilihan ganda beralasan untuk mengukur hasil belajar siswa, yang diujikan melalui pretest dan postest, angket untuk mengukur sikap peduli lingkungan siswa, dan lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan uji-t yang menggunakan program SPSS statistik 16.0. Hasil penelitian diketahui bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pencemaran dan perusakan lingkungan, dengan persentase gain ternormalisasi sebesar 67 untuk kelas eksperimen dalam kategori sedang, dan 33 untuk kelas kontrol dalam kategori sedang. PBL juga dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa dengan persentase gain ternormalisasi sebesar 61,42 untuk kelas eksperimen dalam kategori sedang dan 40,13 untuk kelas kontrol dalam kategori sedang. Berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran secara keseluruhan, baik guru dan siswa telah melaksanakan model pembelajaran PBL dengan sangat baik. Disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap peduli lingkungan siswa pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan.

Kata kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, sikap peduli lingkungan


Husna Syarifah, Implementation of Problems Based Learning Related to The Concept of Destruction and Environmental Pollution to Improve Learmng's Environment and Student Attitudes Matter at SMA 1 Sabang.


ABSTRACT

This study aimed to find out: (1) The improvement of students’ learning outcomes through the implementation of model of problem based learning (PBL) on concept of environmental destruction and pollution; (2)The improvement of environmental care attitude of students through the implementation of model of Problem Based Learning on concept of environmental destruction and pollution. This study was conducted in State Senior Senior High School No. 1 of Sabang. This study used quasi experiment method with pretest-posttest control group design. Population of this study was all students from class X of odd semester in academic year of 2012/2013 amounting to 134 students consisting of 5 classes. Sample is taken from 2 classes consisting of one experimental class that implemented PBL model and one control class that implemented conventional learning model. Instruments used in this study were multiple choice questions to measure students’ outcomes tested through pretest and posttest, Questionnaire to measure student’s attitude toward environmental care, and observation sheet to observe the implementation of learning. Data were analyzed with t-test using SPSS statistic 16.0. program. The result of the research showed that PBL model can improve students’ learning outcomes in the concept of environmental destruction and pollution, with normalized gain percentage of 67 for experimental class in medium category, and 33 for control class in medium category. PBL model also can improve students’ attitude towards environmental care with normalized gain percentage of 61.42 for experimental class in medium category and 40.13 for control class in medium category. Based on the implementation of the learning, both teacher and student have implemented PBL model very well. It can be concluded that the PBL model can improve students’ learning outcomes and attitude toward environmental care to the concept of destruction and environmental pollution.

Keywords: problem based learning, learning outcomes, attitude toward environmental care


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK