//

“PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI ANIMASI GRAFIK DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI ANALISIS VEKTOR DALAM KINEMATIKA GERAK DI SMAN 3 BANDA ACEH”

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DINIYA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: hasil belajar, simulasi animasi grafik, pembelajaran konvensional Penelitian yang berjudul “Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Model Simulasi Animasi Grafik dengan Pembelajaran Konvensional Pada Materi Analisis Vektor Dalam Kinematika Gerak di SMAN 3 Banda Aceh” ini mengangkat masalah apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model simulasi animasi grafik lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi analisis vektor dalam kinematika gerak di SMAN 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang lebih baik model simulasi animasi grafik dengan pembelajaran konvensional pada materi analisis vektor dalam kinematika gerak. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Banda Aceh tahun pelajaran 2014/2015 terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 182 orang. Dari jumlah populasi tersebut ditetapkan sampel sebesar 60 siswa yang terdiri dari kelas XI IPA 2 dan XI IPA 5. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling melalui wawancara dengan wali kelas dan guru fisika di SMA Negri 3 Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis yang terdiri dari pre tes dan post tes. Pengolahan data pada pre tes menggunakan uji statistik anova satu arah (one way anova) sedangkan data post tes mengunakan uji statistik berupa uji-t yang telah terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitasnya. Kelas XI IPA 2 ditetapkan sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dan kelas XI IPA 5 ditetapkan sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model simulasi animasi grafik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas yang diajarkan dengan model simulasi animasi grafik adalah 77,23. Sedangkan pada kelas yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional rata-rata hasil belajar adalah 44,57. Dengan demikian, hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model simulasi animasi grafik lebih baik dibandingkan dengan yang diajarkan secara pembelajaran konvensional. Disarankan penelitian yang berkaitan dengan model pembelajaran berbasis komputer dapat dilanjutkan oleh peneliti lain. Sehingga terungkap hal-hal yang belum terungkap melalui penelitian ini.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALIS VEKTOR UNTUK GERAK DI SMAN.12 BANDA ACEH (Adhisty Radina, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP MATERI SISTEM GERAK MANUSIA PADA SISWA SMAN 1 BAITUSSALAM, ACEH BESAR (DESI ARI SANDI, 2016)

PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATERI INTEGRAL (Desi Aria Mustika, 2019)

PEMBELAJARAN MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS X SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Yuiska Kurnia Maifi, 2015)

ANIMASI PEMBELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN HUKUM NEWTON TENTANG GERAK UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Yulianti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy