//

PENGARUH SUPLEMENTASI FERMENTASI HIJAUANRNKANGKUNG DAN PROBIOTIK TERHADAPRNPERTUMBUHAN ITIK PEKING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang hildayani - Personal Name
SubjectFEEDS-ANIMAL HUSBANDRY
FERMANTATION
DUCKS-ANIMAL HUSBANDRY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

PENGARUH SUPLEMENTASI FERMENTASI HIJAUAN KANGKUNG DAN PROBIOTIK TERHADAP PERTUMBUHAN ITIK PEKING HILDAYANI 1105004010004 ABSTRAK Pengamatan tentang pengaruh pemberian pakan fermentasi hijauan kankung dan probiotik terhadap pertumbuhan Itik Peking, telah dilakukan dikebun percobaan jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Pengamatan ini telah berlangsung selama 6 minggu dari mulai tangal 28 Mei sampai dengan tangal 9 Juli 2014. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh suplementasi fermentasi hijauan kangkung dan probiotik yang dicampurkan dalam ransum komersil terhadap pertumbuhan itik Peking. Materi pengamatan yang digunakan adalah 60 ekor DOD Itik Peking. Perlakuan yang diberikan adalah 3 tingkat pengunaan pakan hijauan fermentasi yaitu perlakuan A (0%) sebagai kontrol, B (10%), dan C (20%). Parameter yang diukur adalah konsumsi ransum, pertambahan berat badan, konversi ransum dan berat badan akhir. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pemberian campuran pakan fermentasi hijauan kangkung, probiotik dan pakan komersil berpengaruh positif terhadap pertumbuhan itik Peking. Dari data hasil pengamatan diperoleh konsumsi pakan tertinggi terdapat pada perlakuan C (20% pakan hijauan fermentasi) yaitu 825,74 g/ekor/minggu. Pertambahan berat badan tertinggi terdapat pada perlakuan C (20% pakan fermentasi hijauan) yaitu 287 g/ekor/minggu. Konversi pakan terbaik ditemukan pada perlakuan C (20% pakan hijauan fermentasi) dan perlakuan B yaitu 2,9%. Berat badan akhir tertinggi terdapat pada perlakuan C (20% pakan fermentasi) yaitu 1650 g/ekor. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa fermentasi kangkung yang mengandung probiotik dapat digunakan untuk menekan penyesuaian pakan komersial pada itik Peking. Kata kunci : pakan, hijauan, fermentasi, itik Peking.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PRODUKSI DAN PERSENTASE KARKAS ITIK PEKING DENGAN PEMBERIAN PAKAN FERMENTASI PROBIOTIK (SUKIRMAN SYAH, 2016)

PENGGUNAAN PAKAN LOKAL FERMENTASI PROBIOTIK DALAM RANSUM TERHADAP PERFORMAN ITIK PEKING (ALFI SYAHRIEN, 2016)

EVALUASI KUALITAS AMPAS SAGU FERMENTASI RNDENGAN LAMA PEMERAMAN YANG BERBEDA (zulkarnain, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN BUMBU SABAP TERHADAP KUALITAS DAGING ITIK AFKIR (jalaluddin isa, 2014)

ANALISIS EKONOMIS PEMELIHARAAN ITIK PEKING PEDAGING YANG DIBERI RANSUM KOMERSIL RNYANG DISUBSTITUSI DENGAN BAHAN PAKANRNKANGKUNG (IPOMOEA AQUATICA FORSK) FERMENTASI (KASWATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy