HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM MANDIRI B FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM MANDIRI B FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014


Pengarang

Henni Riana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101020154

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN

SKRIPSI
13 Oktober 2014

xiv + VI Bab + 63 Halaman + 11 Tabel + 1 Skema + 14 Lampiran

HENNI RIANA
1207101020154

HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM MANDIRI B FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014


ABSTRAK
Mahasiswa Program Mandiri B Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang melanjutkan pendidikan dari jenjang DIII Keperawatan dan sebagian memiliki pekerjaan, dalam perkuliahannya masih menggunakan metode pembelajaran Teacher Centre Learning (TCL) sehingga mengakibatkan peran mahasiswa untuk aktif dalam perkuliahan terbatas dan mempengaruhi efikasi diri terhadap motivasi belajar. Kemudian sebagian dari mereka berstatus izin belajar sehingga mereka sulit membagi waktu antara bekerja dan belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada mahasiswa.. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling terhadap 68 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner terdiri dari 50 item pernyataan dalam skala likert. Metode analisis data dengan uji rank spearman correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri (r= 0,687, p=0,000) dengan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi motivasi belajar. Direkomendasikan kepada mahasiswa untuk tetap meningkatkan efikasi diri, bagi pengajar agar dapat membangun iklim belajar yang kondusif dan memotivasi mahasiswa dalam pencapaian prestasi belajar yang baik.

Kata Kunci : efikasi diri, motivasi, belajar, mahasiswa
Daftar Bacaan : 24 buku (2003-2013) + 14 jurnal (2005-2013).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK