Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM MANDIRI B FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014
Pengarang
Henni Riana - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1207101020154
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
13 Oktober 2014
xiv + VI Bab + 63 Halaman + 11 Tabel + 1 Skema + 14 Lampiran
HENNI RIANA
1207101020154
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM MANDIRI B FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH TAHUN 2014
ABSTRAK
Mahasiswa Program Mandiri B Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang melanjutkan pendidikan dari jenjang DIII Keperawatan dan sebagian memiliki pekerjaan, dalam perkuliahannya masih menggunakan metode pembelajaran Teacher Centre Learning (TCL) sehingga mengakibatkan peran mahasiswa untuk aktif dalam perkuliahan terbatas dan mempengaruhi efikasi diri terhadap motivasi belajar. Kemudian sebagian dari mereka berstatus izin belajar sehingga mereka sulit membagi waktu antara bekerja dan belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada mahasiswa.. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling terhadap 68 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner terdiri dari 50 item pernyataan dalam skala likert. Metode analisis data dengan uji rank spearman correlation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara efikasi diri (r= 0,687, p=0,000) dengan motivasi belajar mahasiswa. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi motivasi belajar. Direkomendasikan kepada mahasiswa untuk tetap meningkatkan efikasi diri, bagi pengajar agar dapat membangun iklim belajar yang kondusif dan memotivasi mahasiswa dalam pencapaian prestasi belajar yang baik.
Kata Kunci : efikasi diri, motivasi, belajar, mahasiswa
Daftar Bacaan : 24 buku (2003-2013) + 14 jurnal (2005-2013).
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN PARTISIPASI MAHASISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Halim Tezar Kusuma, 2016)
HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA ANGKATAN 2012, 2013, DAN 2014 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Navizatur Rahmi, 2017)
A COMPARATIVE ANALYSIS OF STUDENTS’ MOTIVATION IN STUDYING ENGLISH AND ARABIC (Yuyun Nailufar, 2017)
HUBUNGAN EFIKASI DIRI BIDANG AKADEMIK DAN PERILAKU BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IS DI MAN 3 BANDA ACEH (Susi Suriyani, 2017)
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA MAHASISWA YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSIDI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Ery Faisal Badar, 2014)