PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI LAMBADA RNKLIENG KECAMATAN BAITUSSALAM RNKABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SD NEGERI LAMBADA RNKLIENG KECAMATAN BAITUSSALAM RNKABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Riska Junaili - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Murniati AR - 196005071986022001 - Dosen Pembimbing I
Khairuddin - 195903111985031002 - Dosen Pembimbing II
Nasir Usman - 196012311985111003 - Penguji
Bahrun - 195908241987021001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1809200050007

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Subject
Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : prog. studi magister administrasi pendidikan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
PADA SD NEGERI LAMBADA KLIENG KECAMATAN
BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

Oleh : Riska Junaili
NIM : 1809200050007

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Murniati, AR, M. Pd.
2. Dr. Khairuddin, M. Pd.

ABSTRAK

Supervisi akademik merupakan kegiatan pembinaan kepada guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan profesional guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui program, pelaksanaan, tindak lanjut dan
hambatan-hambatan yang dihadapi oleh kepala sekolah dalam pelaksanaan
supervisi akademik untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, di dokumentasi. Subjek
penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan pengawas. Data
dianalisis dengan cara mereduksi, display, mengambil kesimpulan dan verifikasi
data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program disusun pada setiap awal tahun
pelajaran berdasarkan hasil tindak lanjut pelaksanaan supervisi pada tahun
sebelumnya dengan berpedoman pada petunjuk yang diberikan oleh Dinas
Pendidikan. Penyusunan program tidak sepenuhnya melibatkan guru dan
direncanakan sebanyak dua kali dalam satu semester. 2) Pelaksanaan supervisi
diawali dengan kegiatan sosialisasi kepada guru dan melakukan pertemuan pra
observasi. Kegiatan supervisi dilakukan dengan memberikan bimbingan dan arah
tentang penyusunan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan
evaluasi pembelajaran melalui kegiatan rapat, diskusi, pertemuan individu dan
observasi kelas. Kepala sekolah mencatat seluruh kegiatan observasi kelas pada
lembar instrumen yang akan dijadikan sebagai masukan dan pertimbangan untuk
pembinaan dalam meningkatkan profesional guru. 3) Tindak lanjut dilakukan
melalui diskusi antara kepala sekolah dengan guru sebagai pertemuan balikan dari
hasil observasi kelas. Hasil tindak lanjut diakhiri dengan langkah-langkah
kongkrit secara kontekstual sebagai jalan keluar dari masalah-masalah yang
dihadapi guru dalam proses pembelajaran dan sebagai upaya perbaikan pada masa
yang akan datang untuk perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran. 4)
Hambatan-hambat yang dihadapi adalah sering bergeser jadwal supervisi,
penggunaan metode mengajar masih berpusat pada guru, guru merasa kaku ketika
disupervisi dan guru kurang aktif dalam mencari informasi baru tentang
pembelajaran.

Kata Kunci: Supervisi Akademik dan Kompetensi Prefesional Guru

IMPLEMENTATION OF ACADEMIC SUPERVISION BY THE PRINCIPAL IN IMPROVING THE PROFESSIONAL COMPETENCE OF TEACHERS AT THE LAMBADA KLIENG ELEMENTARY SCHOOL, BAITUSSALAM SUBDISTRICT, ACEH BESAR REGENCY ABSTRACT (Riska Junaili) Academic supervision is a coaching activity for teachers in carrying out the learning process, which aims to improve the professional competence of teachers and improve the quality of learning. This study aimed to determine the program, implementation, follow-up, and obstacles school principals face in implementing academic supervision to improve teacher professional competence. This study used a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation. The research subjects were principals, vice principals, teachers, and supervisors. Data were analyzed through data reduction, data display, conclusion drawing, and verification. The results showed that: 1) The program was prepared at the beginning of each school year based on the results of follow-up on the implementation of supervision in the previous year by referring to the instructions given by the Education Office. The preparation of the program did not fully involve teachers and was planned twice in one semester. 2) Implementation of supervision began with outreach activities to teachers and pre-observation meetings. Supervision activities were carried out by providing guidance and direction on the preparation of learning tools, implementation of learning, and evaluation of learning through meetings, discussions, individual meetings, and class observations. The principal recorded all class observation activities on the instrument sheet, which will be used as input and consideration for coaching in improving teacher professionalism. 3) Followup was carried out through discussions between the principal and the teachers as a feedback meeting and the results of class observations. The follow-up results ended with contextual concrete steps as a way out of the problems faced by teachers in the learning process and as improvement efforts in the future to improve the quality of learning. 4) The obstacles faced were the frequent shifting of the supervision schedule, the use of teaching methods that are still teachercentered, the teachers who felt constrained when supervised, and the teachers who were less active in seeking new information about learning. Keywords: Academic Supervision and Teacher Professional Competence

Citation



    SERVICES DESK