IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

NURHALIZA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ramli - 196312311988101001 - Dosen Pembimbing I
Razali - 196112211987031002 - Dosen Pembimbing II
Muhammad Idham - 197610072006041002 - Penguji
Denni Iskandar - 196902161994031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706102010030

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP - Pendidikan Bahasa Indonesia., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nurhaliza. 2022. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Dr. Ramli, M.Pd. dan (2) Dr. Razali, M.Pd.


Kata Kunci : pelaksanaan pembelajaran, masa pandemi

Penelitian ini berjudul “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pembelajaran bahasa Indonesia masa pandemi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Teknik dokumentasi berupa analisis RPP dan observasi berupa pengamatan pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia selama masa pandemi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dari penyusunan RPP oleh guru sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 dengan memuat identitas satuan pendidikan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, metode pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran. Kompetensi dasar yang diajarkan oleh guru pada masa pandemi adalah KD yang esensial serta dapat terlaksana dengan baik selama belajar tatap muka pada masa pandemi. Durasi waktu belajar tatap muka pada masa pandemi semakin sedikit yang semula 40 menit menjadi 30 menit dalam satu jam pertemuan. Hal ini bertujuan untuk mengefisienkan waktu supaya semua mata pelajaran dapat terlaksana dengan baik walaupun pada masa pandemi. Dalam pembelajaran guru menerapkan langkah-langkah yang sesuai dengan . Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas VII-1 adalah 91 dan telah melampaui nilai KKM yang ditetapkan, yaitu 75.

Citation



    SERVICES DESK