//

ANALISIS PERBANDINGAN HUBUNGAN KECEPATAN, VOLUME DAN KEPADATAN KENDARAAN AKTUAL TERHADAP KAJIAN MKJI PADA RUAS JALAN BERLAJUR BANYAK DALAM KOTA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang muyasir - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
ROADS
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Setiap tahun pertambahan penduduk dan jumlah kendaraan di kota Banda Aceh terus meningkat, sehingga menimbulkan persoalan terhadap kelancaran aliran lalu lintas. Disamping hal tersebut pertumbuhan ekonomi di perkotaan berpengaruh pada pertumbuhan lalu lintas yang semakin tinggi, karena jalan merupakan prasarana untuk pergerakan arus lalu lintas yang memberikan pelayanan terhadap kendaraan. Penataan jalan juga sangat penting untuk kelancaran lalu lintas yang sedang beraktifitas, ditinjau dari kinerja jalan pada volume lalu lintas, kecepatan kendaraan dan geometrik pada jalan cukup komplek sehingga mengakibatkan kemacetan, kesemerautan dan kecelakaan. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) adalah salah satu referensi atau pedoman dalan perencanaan jalan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara nilai kecepatan, volume dan kepadatan lalulintas, dan kemudian dibandingkan dengan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) Tahun 1997. Penelitian ini menggunakan Metode MKJI dan Metode Greenshields, sehingga dapat diketahui perbandingan antara kedua metode tersebut. Hasil penelitian yang dilakukan di jalan T. Nyak Arief Banda Aceh, menurut metode Greenshields hubungan kecepatan (S) – kepadatan (D) adalah S = 48,81-0,207D, nilai koefisien determinasi R2 = 0,382, hubungan volume (V) – kepadatan (D) adalah V = 48.81 D – 0,203 D2, nilai R2 = 0,911 dan hubungan volume (V) – kecepatan (S) adalah V = 234,66 S – 4,81 S2 nilai R2 = 0,174. volume maksimum = 2864 smp/jam, kepadatan maksimum (DM) = 118 smp/km, kecepatan saat volume maksimum (SM)= 24.41 km/jam. Sedangkan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) hubungan kecepatan – kepadatan adalah S = 94,87 - 0,787 D, dengan nilai R2 = 0,937, hubungan volume (V) – kepadatan (D) adalah V = 94.61 D – 0,179 D2, dengan nilai R2 = 0,071, dan hubungan volume (V) – kecepatan (S) V = 117,1 S – 0,945S2 dengan nilai R2 = 0,32. Volume maksimum = 2880 smp/jam, kepadatan maksimum (DM) = 60 smp/km dan kecepatan saat volume maksimum (SM)= 48,05 km/jam. Kata Kunci : Kecepatan, volume, kepadatan, metode Greenshields, MKJI 1997.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN METODE MKJI DENGAN MODEL GREENBERG TERHADAP HUBUNGAN VOLUME, KECEPATAN, DAN KEPADATAN (STUDI KASUS JALAN W.R. SUPRATMAN BANDA ACEH) (Meutia Ayuni Yose, 2015)

PENGARUH PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) TERHADAP KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH (YUNI PREHATMI WIJAYANTI, 2018)

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN (BOTTLE NECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TEUKU NYAK ARIEF DARUSSALAM (SAFANA AZHYMA, 2019)

PENGARUH PENYEMPITAN JALAN PADA JEMBATAN (BOTTLENECK) TERHADAP KARAKTERISTIK LALU LINTAS (STUDI KASUS : JEMBATAN LAMNYONG, JALAN TEUKU NYAK ARIEF BANDA ACEH) (A R I A D I, 2016)

ANALISIS KINERJA JALAN AKIBAT PENGARUH HAMBATAN SAMPING DI JALAN DIPONEGORO KOTA BANDA ACEH (Caesar Dinata R, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy